Anggaran Perlindungan WNI di 2021 Capai Rp156 Miliar

    Marcheilla Ariesta - 11 Januari 2021 19:18 WIB
    Anggaran Perlindungan WNI di 2021 Capai  Rp156 Miliar
    Para WNI yang pulang ke Indonesia dari Malaysia. Foto: ANTARA.
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri akan menganggarkan dana sebesar Rp156 miliar untuk perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Anggaran dana ini diperuntukkan bagi seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri pada 2021.

    Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Andy Rachmianto mengatakan anggaran tersebut utamanya akan disalurkan untuk penanganan dampak pandemi virus korona (covid-19).

    "Untuk 2021, meskipun vaksin sudah ditemukan, tapi kita mengantisipasi kasus-kasus dampak pandemi, apalagi dengan varian virus baru yang pasti akan menjadi tantangan bagi diplomasi Indonesia," kata Andy dalam jumpa pers dengan awak media secara virtual, Senin, 11 Januari 2021.

    Ia menuturkan, alokasi anggaran yang lebih besar dari tahun lalu ini diharapkan distribusi untuk bantuan bagi WNI dapat dilakukan secara proporsional. Hal ini termasuk bagi mereka kelompok rentan.

    Baca juga: Pemerintah Siapkan Anggaran untuk Vaksinasi WNI di Luar Negeri

    "Harapannya alokasi angaran yang lebih besar, perwakilan RI dapat memberikan respons yang cepat dan tepat dalam penanganan WNI di luar negeri," imbuhnya.

    Tahun lalu, Indonesia mengalokasikan sebanyak Rp86 miliar untuk 59 perwakilan RI di luar negeri. Anggaran tersebut khusus untuk penanganan covid-19, seperti pemberian bantuan logistik dan tunai, pengadaan alat pelindung diri, pendampingan hukum, serta memfasilitasi repatriasi WNI.

    Pemerintah Indonesia telah memulangkan sekitar 172 ribu WNI ke Tanah Air selama pandemi di tahun lalu. Andy mengatakan hampir 600 ribu bantuan logistik dan kesehatan diberikan kepada para WNI di lebih dari 60 negara di dunia.

    Dari data Kementerian Luar Negeri, sebanyak 2.400 WNI di luar negeri terinfeksi virus korona dan 70 persen dari yang terinfeksi dinyatakan sembuh. Sementara itu, 167 WNI dilaporkan meninggal akibat virus ini.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id