Kemenlu Panggil Dubes Malaysia Terkait Penyiksaan TKI

    Marcheilla Ariesta - 27 November 2020 21:10 WIB
    Kemenlu Panggil Dubes Malaysia Terkait Penyiksaan TKI
    Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Zainal Abidin Bakar dipanggil Kemenlu terkait penyiksaan WNI. Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri telah memanggil Duta Besar Malaysia untuk Indonesia terkait dengan penyiksaan tenaga kerja Indonesia (TKI). Pemanggilan tersebut untuk menyampaikan kecaman keras Indonesia atas kembali terulangnya kasus penyiksaan TKI, kali ini dialami oleh Mei Hariyanti.

    Mei mengalami berbagai penyiksaan dari majikannya, mulai dari pukulan benda tumpul, sayatan benda tajam, hingga disiram air panas.

    "Indonesia menuntut perlindungan penuh terhadap pekerja migran Indonesia (PMI), pengawasan ketat majikan termasuk pemenuhan hak-hak pekerja serta memastikan penegakan hukum yang tegas atas majikan MH," tegas Kemenlu RI dalam pernyataan, Jumat, 27 November 2020.

    Dubes Malaysia, Zainal Abidin Bakar, menyampaikan keprihatinan dan keterkejutan atas peristiwa yang menimpa Mei tersebut. Ia mengatakan pemerintah Malaysia akan serius menangani kasus ini.

    Saat ini, majikan Mei telah ditahan dan dikenakan pasal pelanggaran Anti-Trafficking in Persons and Anti-Smuggling of Migrants Act 2007.

    Perwakilan RI di Malaysia juga telah menjenguk Mei yang tengah dirawat di Rumah Sakit Kuala Lumpur.

    "Yang bersangkutan dalam kondisi stabil dan telah mendapat perawatan tim dokter untuk mengobati luka dan penanganan psikologis," kata mereka.

    KBRI Kuala Lumpur akan menugaskan pengacara retainer untuk memonitor proses penegakan hukum atas majikan Mei. Dubes RI untuk Malaysia, Hermono, juga telah berkomunikasi langsung dengan suami Mei untuk menyampaikan komitmen pemerintah menyelesaikan kasus ini seadil mungkin, serta memastikan Mei mendapat perawatan hingga sembuh.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id