Kasus Covid-19 di Perbatasan Myanmar-India Melonjak

    Marcheilla Ariesta - 04 Juni 2021 19:25 WIB
    Kasus Covid-19 di Perbatasan Myanmar-India Melonjak
    Kasus covid-19 di perbatasan Myanmar meningkat. Foto: AFP.



    Chin: Infeksi virus korona (covid-19) melonjak di perbatasan Myanmar dan India. Dari data resmi pemerintah Myanmar, terdapat 122 kasus penularan baru dalam sehari.

    "Sebanyak tiga orang meninggal dalam sehari akibat virus ini. Banyak warga yang takut," kata relawan Zomi Care and Development, Lang Khan Khai, dilansir dari Channel News Asia, Jumat, 4 Juni 2021.

     



    Banyak petugas medis Myanmar khawatir angka tersebut hanya sebagian kecil dari kasus infeksi yang terdeteksi. Pasalnya, uji covid-19 di negara itu menurun terutama setelah kudeta berlangsung.

    Rata-rata pemeriksaan virus korona saat ini adalah lebih dari 1.400 pengujian harian dalam sepekan terakhir. Jumlah itu jauh berkurang dari 17.000 pemeriksaan dalam sehari sebelum kudeta berlangsung.

    Sementara itu, Reuters melaporkan banyak kasus penularan covid-19 berasal dari negara bagian Chin yang berbatasan langsung dengan India. Hal ini menimbulkan kekhawatiran jika varian covid-19 dari India -,yang menyebar dengan cepat,- telah masuk ke Myanmar.

    Koordinator kesehatan Federasi Internasional Palang Merah, Abhishek Rimal, menuturkan jika perbatasan Myanmar-India dalam kondisi kacau. Menurutnya, perbatasan Myanmar seharusnya memperketat protokol kesehatan demi mencegah penyebaran covid-19.

    Baca: Myanmar Berpotensi Dilanda Gelombang Ketiga Covid-19

    Namun, saat ini, perbatasan Myanmar dipadati para warga yang ingin kabur menghindari kekerasan dan konflik dengan aparat. Tak hanya di perbatasan, penanganan covid-19 di pusat kota Myanmar juga tidak terorganisir dengan baik bahkan jauh sebelum kudeta terjadi.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id