Thailand Deteksi Kasus Perdana Varian Covid-19 Afrika Selatan

    Willy Haryono - 15 Februari 2021 14:16 WIB
    Thailand Deteksi Kasus Perdana Varian Covid-19 Afrika Selatan
    Petugas mengenakan alat pelindung diri saat menyambut kedatangan penumpang pesawat internasional di Bandara Internasional Suvarnabhumi di Bangkok, Thailand pada 16 November 2020. (Mladen ANTONOV/AFP)



    Bangkok: Thailand mengonfirmasi kemunculan kasus perdana varian Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan. Kasus tersebut muncul di sebuah lokasi karantina pada Senin, 15 Februari 2021.

    Terdeteksinya varian Afsel terjadi saat Thailand mencatat tambahan 143 kasus Covid-19 dengan dua kematian. Tambahan data menjadikan total infeksi Covid-19 di Thailand mencapai 24.714 dengan 82 pasien meninggal.






    Dikutip dari laman The Straits Times, varian Covid-19 Afsel ditemukan di tubuh seorang warga Thailand yang baru pulang dari Tanzania.

    Menurut keterangan gugus tugas Covid-19 Thailand, pria yang tak disebutkan namanya itu dikarantina bersama warga lainnya yang juga baru datang dari berbagai negara. Varian Afsel baru terdeteksi usai mereka semua yang dikarantina menjalani tes Covid-19.

    Sementara itu, Afsel telah menghentikan rencana pendistribusian vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca pada pekan kemarin. Penghentian dilakukan usai data-data yang ada menunjukkan bahwa vaksin AstraZeneca kurang memberikan perlindungan terhadap varian Afsel.

    Thailand berencana menggunakan vaksin AstraZeneca untuk program vaksinasi nasional.

    Jajaran ilmuwan Afsel mengatakan varian baru ini tidak terbukti menimbulkan gejala-gejala yang lebih parah, namun mungkin lebih menular ketimbang versi aslinya.

    Pekan kemarin, sebuah panel Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa vaksin AstraZeneca sebaiknya didistribusikan secara luas, termasuk ke negara-negara yang mendeteksi kemunculan varian Afsel.

    Baca:  WHO: Vaksin AstraZeneca Efektif dan Harus Digunakan Secara Luas

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id