Menlu RI Optimistis Indonesia Masuk 10 Besar Ekonomi Dunia di 2050

    Marcheilla Ariesta - 14 September 2021 12:31 WIB
    Menlu RI Optimistis Indonesia Masuk 10 Besar Ekonomi Dunia di 2050
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sambutannya di 50 tahun Center of Strategic International Studies (CSIS), Selasa, 14 September 2021. (CSIS)



    Jakarta: Pusat kekuatan dunia di abad ke-21 ini bergeser ke Asia. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Asia Timur saat ini sudah melewati Amerika Utara.

    "Tiongkok diprediksi akan menggeser Amerika Serikat sebagai kekuatan ekonomi terbesar dunia pada 2035," kata Menlu Retno dalam sambutannya di 50 tahun Center of Strategic International Studies (CSIS), Selasa, 14 September 2021.

     



    Ia mengatakan, di 2050, empat negara di Asia akan mendominasi 10 besar perekonomian dunia. "Termasuk diantaranya, Tiongkok, India, Indonesia dan Jepang," imbuhnya.

    Menurut Menlu Retno, 50 persen PDB dunia akan berasal dari negara-negara di kawasan Asia. Namun, perspektif geopolitik kebangkitan Asia ini sering dilihat sebagai kebangkitan Tiongkok.

    "Cara pandang ini tentu memiliki implikasi besar terhadap kawasan, pergeseran kekuatan dunia berpotensi meningkatkan ancaman konflik, apalagi jika baru yang muncul dianggap mengancam kekuatan yang ada," terang Retno.

    Penelitian dari Harvard University menunjukkan, dalam 500 tahun terakhir, 12 dari 16 pergeseran kekuasaan dunia berujung pada perang. Untuk kali ini terlihat dalam rivalitas Amerika Serikat dan Tiongkok.

    "Harapan kita, hasil penelitian tadi tidak terjadi. Jangan sampai ada konflik terbuka, karena konflik harganya mahal, dan akan membawa kerusakan bagi semua pihak yang terlihat dan bahkan yang tidak ikut terlibat pun bisa menanggung akibatnya," ujar Menlu Retno.

    Baca: Bukan Tak Mungkin RI Masuk 5 Besar Ekonomi Dunia pada 2050


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id