Malaysia Izinkan Perjalanan Jika Vaksinasi Lengkap Capai 90 Persen

    Marcheilla Ariesta - 04 Oktober 2021 09:25 WIB
    Malaysia Izinkan Perjalanan Jika Vaksinasi Lengkap Capai 90 Persen
    Warga Malaysia bisa bebas bepergian jika 90 persen populasi dewasa sudah divaksinasi penuh/AFP



    Kuala Lumpur: Perjalanan antarnegara bagian akan dilanjutkan lagi jika 90 persen populasi orang dewasa di Malaysia telah divaksinasi sepenuhnya. Selain itu, warga Negeri Jiran tidak lagi diharuskan mengajukan skema MyTravelPass untuk bepergian ke luar negeri.

    Hal ini dijanjikan Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob dalam wawancara eksklusif dengan televisi nasional. Ia menekankan, begitu angka 90 persen tercapai, Malaysia akan terbuka hampir sepenuhnya.

     



    "Saya yakin waktu perjalanan antarnegara semakin dekat, dan saya akan segera mengumumkan dimulainya kembali perjalanan antarnegara ketika tingkat vaksinasi (untuk populasi orang dewasa) mencapai 90 persen," ucap Ismail Sabri, dikutip dari Channel News Asia, Senin, 4 Oktober 2021.

    "Ini kabar baik bagi semua orang Malaysia," lanjutnya.

    Ia menyoroti dimulainya kembali perjalanan antarnegara bagian adalah kunci untuk meningkatkan sektor pariwisata domestik. Ismail Sabri menambahkan, langkah itu juga akan memungkinkan orang Malaysia bertemu kembali dengan keluarga di kampung halaman masing-masing.

    Ismail Sabri juga menuturkan, setelah angka 90 persen tercapai, warga Malaysia akan bebas bepergian ke luar negeri tanpa harus mengajukan izin dari otoritas imigrasi melalui skema MyTravelPass.

    Baca juga: Malaysia Pertimbangkan Cabut Larangan Perjalanan Bulan Depan

    Skema ini diperkenalkan untuk melarang warga Malaysia bepergian ke luar negeri karena alasan yang tidak penting seperti pariwisata, untuk mengekang penyebaran covid-19.

    Namun, warga Malaysia yang sedang belajar di luar negeri atau bepergian karena alasan bisnis masih dapat keluar dari negara tersebut dan masuk kembali dengan mendaftar melalui skema MyTravelPass.

    "Ketika angka mencapai 90 persen tercapai, kami akan mengizinkan warga untuk bepergian ke luar negeri tanpa harus mengajukan MyTravelPass. MyTravelPass tidak akan digunakan lagi," serunya.

    Hingga Sabtu lalu, 87,2 persen populasi orang dewasa di Malaysia telah menerima dua dosis vaksin covid-19. Data tersebut berdasarkan angka yang dikumpulkan Komite Khusus untuk Penyediaan Vaksin Covid-19.

    Ketua Dewan Pemulihan Nasional Muhyiddin Yassin dilaporkan mengatakan, perjalanan antar negara bagian kemungkinan akan dilanjutkan pada pertengahan Oktober.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id