comscore

Indonesia-Prancis Sepakat Dukung Pengembangan Perikanan Berkelanjutan

Fajar Nugraha - 12 Januari 2022 18:04 WIB
Indonesia-Prancis Sepakat Dukung Pengembangan Perikanan Berkelanjutan
Sebuah pasar ikan di Indonesia. Foto: Media Indonesia
Jakarta: Prancis dan Indonesia membuka kesepakatan baru untuk perikanan yang lebih berkelanjutan. Dua kesepakatan ditandatangani oleh kedua negara mencakup berbagai kerja sama pengelolaan perikanan.

Dua kesepakatan kerja sama teknis ini ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Indonesia Muhammad Zaini, Direktur Badan Prancis untuk Pembangunan (AFD) di Indonesia Emmanuel Baudran dan Duta Besar Prancis untuk Indonesia Olivier Chambard.

 



Kedua kesepakatan tersebut bertujuan mendukung pengembangan perikanan berkelanjutan di Indonesia. Dengan hampir 600 pelabuhan perikanan yang tersebar di seluruh wilayahnya dan lebih dari 12 juta masyarakatnya yang hidup dari sektor perikanan, Indonesia merupakan produsen hasil laut terbesar kedua di dunia.

Perbaikan praktik penangkapan ikan, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan stok ikan yang berkelanjutan dan pelacakan asal muasal produk, menjadi salah satu prioritas KKP.

Badan Prancis untuk Pembangunan (AFD) telah menjadikan pembangunan kelautan yang berkelanjutan sebagai salah satu prioritas intervensinya di Indonesia dan mendampingi KKP dalam pengembangan praktik perikanan berkelanjutan, khususnya melalui modernisasi dan eko-sertifikasi empat pelabuhan perikanan (Eco-Fishing Ports).

Untuk itu, AFD menggelontorkan 800.000 Euro, guna mendukung persiapan dan pelaksanaan program tersebut dengan baik, melalui dua kesepakatan kerja sama teknis. Kesepakatan kerja sama pertama bertujuan mendukung pelaksanaan studi pendahuluan tambahan di keempat pelabuhan terpilih.

“Beberapa pekan menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi -,One Ocean,- yang diselenggarakan oleh Prancis, saya menyambut baik kemitraan teknis baru yang didanai oleh AFD ini, yang akan berkontribusi secara nyata terhadap dialog maritim antara Prancis dan Indonesia,” tegas Duta Besar Prancis di Jakarta, Olivier Chambard dalam keterangan tertulis Kedubes Prancis yang diterima Medcom.id, Rabu 12 Januari 2022.

Hal itu diperlukan, demi mempersiapkan agar program ini memenuhi standar internasional dengan sebaik-baiknya, dan bertujuan menyusun rencana induk bagi setiap pelabuhan, serta studi lingkungan, sosial, ekonomi dan iklim.

Kesepakatan kedua memungkinkan pembentukan sebuah kemitraan antara KKP dan CCI International. Kemitraan akan berupa pertukaran pengalaman, kunjungan lapangan, lokakarya, seminar dan konferensi dengan para ahli, tetapi juga studi kasus dan pelatihan.

Dalam rangka kerja sama tersebut, salah satu pelabuhan perikanan terbesar Prancis juga akan diikutsertakan secara aktif, yakni pelabuhan Boulogne-sur-Mer. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari penguatan dialog maritim antara Prancis dan Indonesia, yang ditegaskan kembali dan dirumuskan pada saat kunjungan Menteri Kelautan Prancis Annick Girardin, pada Juni 2021.

Program itu sesuai dengan surat pernyataan kehendak yang ditandatangani oleh AFD dan KKP pada kesempatan kunjungan tersebut. “Saya bersukacita atas kemitraan antara institusi Prancis dan Indonesia ini, yang bertujuan mendukung peningkatan pengelolaan sumber daya perikanan. Kemitraan teknik tersebut benarbenar melengkapi proyek modernisasi pelabuhan perikanan yang saat ini sedang kami persiapkan bersama KKP,” ujar Emmanuel Baudran, Direktur AFD di Jakarta.

AFD merupakan pemain sentral dalam kebijakan bantuan pembangunan yang dijalankan Prancis. Lembaga ini melibatkan diri dalam proyek-proyek yang secara nyata memperbaiki kehidupan sehari-hari masyarakat di negara berkembang dan negara kekuatan ekonomi baru, serta di Wilayah Seberang Lautan.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id