comscore

Malaysia Lanjutkan Pencarian 25 Korban Kapal Tenggelam di Johor

Willy Haryono - 15 Desember 2021 18:36 WIB
Malaysia Lanjutkan Pencarian 25 Korban Kapal Tenggelam di Johor
Petugas mengevakuasi korban tewas insiden kapal tenggelam di perairan Johor, Malaysia, 15 Desember 2021. (Agensi Penguat Kuasa Maritim Malaysia/APMM)
Johor: Otoritas Malaysia melanjutkan pencarian 25 korban hilang dari insiden kapal tenggelam di perairan Tanjung Balau, Johor pada Rabu, 15 Desember 2021. Kapal yang disebut Malaysia membawa 50 Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) itu tenggelam sekitar pukul 04.30 waktu setempat.

PATI yang dimaksud Malaysia diduga kuat merupakan warga negara Indonesia (WNI).

 



"Kapal tersebut dipercaya telah bertolak dari Indonesia menuju ke Malaysia, dan tenggelam akibat terkena ombak kuat di tengah cuaca buruk pagi tadi," ucap Deputi Direktur Operasi Maritim Negeri Johor, Kapten Maritim Simon Templer Lo Ak Tusa, dalam sebuah keterangan tertulis.

"Saat ini, 14 orang dinyatakan selamat dan 11 meninggal dunia. Selebihnya, 25 orang masih belum ditemukan," sambung dia.

Operasi pencarian dan penyelamatan di lokasi kapal tenggelam sudah dimulai sejak pukul 08.50 waktu Johor dengan menggunakan pesawat dan kapal dengan 35 personel.

Operasi Maritim Negeri Johor menyerukan kepada pendatang dari negara mana pun yang ingin memasuki Malaysia, termasuk Johor, untuk menggunakan saluran resmi demi menghindari terulangnya insiden serupa.

Sementara itu, KJRI Johor Bahru memastikan adanya sejumlah korban selamat dalam insiden kapal tenggelam di Johor. Sebelum pernyataan tersebut, KJRI Johor Bahru mengatakan ada 14 WNI dari kapal tersebut.

"Posisi penumpang selamat saat ini ada di markas otoritas Malaysia di Tanjung Sepang, Kota Tinggi, untuk perawatan, tes PCR, dan proses penyelidikan lebih lanjut," ucap Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Judha Nugraha.

"KJRI Johor Bahru akan melakukan pendampingan sesuai ketentuan hukum yang berlaku," sambungnya, mengindikasikan bahwa WNI termasuk dari mereka yang selamat dalam insiden kapal tenggelam.

Baca:  KJRI Johor Bahru Dampingi WNI Korban Selamat Insiden Kapal Tenggelam

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id