Vietnam Usulkan Pertemuan Fisik KTT ASEAN

    Marcheilla Ariesta - 03 Juni 2020 14:58 WIB
    Vietnam Usulkan Pertemuan Fisik KTT ASEAN
    Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Jose Tavares. (Foto: Medcom)
    Jakarta: Pemerintah Vietnam mengusulkan agar pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada akhir Juni nanti dilakukan secara fisik. Usulan disampaikan meski negara-negara anggota ASEAN masih dilanda wabah virus korona (covid-19).

    "Vietnam sebagai ketua ASEAN 2020 menyampaikan usulan penyelenggaraan KTT ke-36 di Da Nang secara fisik atau face-to-face pada 27 dan 28 Juni," kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Jose Tavares dalam jumpa pers virtual, Rabu 3 Juni 2020.

    Karena pandemi covid-19, beberapa rangkaian pertemuan ASEAN di awal tahun ini terpaksa dialihkan ke metode virtual. Namun, karena kasus covid-19 mulai turun di beberapa negara, Vietnam mempertimbangkan pertemuan secara fisik.

    Jose mengatakan, usulan tersebut masih dibahas secara internal. Keputusan mengenai pelaksanaannya -- apakah akan fisik atau virtual -- akan disampaikan dalam waktu dekat.

    "Ada pandangan beragam di ASEAN. Ada yang mendukung kehadiran fisik, ada juga yang melalui video conference," tutur Jose.

    "Mengingat pada saat ini situasi pandemi covid-19 sehingga akan lebih baik jika diselenggarakan melalui video conference daripada hadir secara fisik, karena mengandung risiko di mana kepala negara akan bepergian ke Vietnam," imbuh dia.

    Di kawasan ASEAN, Vietnam merupakan salah satu negara yang dianggap sukses membendung penyebaran virus korona.

    Kini, Vietnam sudah mulai memasuki tahap normalisasi. Aktivitas harian warga serta roda perekonomian sudah mulai berputar kembali.




    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id