Rusia Optimistis Miliki Vaksin Covid-19 di Akhir 2020

    Marcheilla Ariesta - 08 Juli 2020 15:02 WIB
    Rusia Optimistis Miliki Vaksin Covid-19 di Akhir 2020
    Ilustrasi vaksin. (Foto: AFP)



    Jakarta: Negara-negara dunia dan organisasi internasional beramai-ramai mengembangkan vaksin virus korona (covid-19). Vaksin dinilai merupakan satu-satunya solusi paling efektif dalam mengakhiri pandemi saat ini.

    Dari banyak negara yang mengembangkan vaksin covid-19, Rusia merupakan salah satunya. Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva berharap negaranya dapat memiliki vaksin covid-19 pada akhir tahun ini.

     



    Ia mengatakan saat ini vaksin covid-19 buatan Rusia sedang diuji coba kepada manusia. Menurut Dubes Lyudmila, perkembangan uji klinis tersebut menunjukkan hasil positif.

    "Kami berharap semoga (uji klinis covid-19) bisa selesai September mendatang, sehingga kami bisa berbagi vaksin akhir tahun ini," kata Dubes Lyudmila dalam jumpa pers daring, Rabu, 8 Juli 2020.

    Ia menyebutkan salah satu prinsip Rusia dalam pengembangan vaksin covid-19 adalah ketersediaan. Moskow akan memastikan semua negara di dunia harus mendapatkan akses terhadap vaksin covid-19. Ini dikarenakan virus tersebut berdampak buruk kepada semua negara, baik secara langsung maupun tidak.

    Kerja sama internasional untuk pengadaan obat dan vaksin covid-19 sudah dilakukan Rusia, salah satunya dengan Indonesia. Dubes Lyudmila menegaskan, pemimpin kedua negara telah membahas penguatan kerja sama dalam melawan virus covid-19.

    Rusia pernah menjadi negara ketiga dengan angka kasus covid-19 tertinggi di Dunia, sebelum akhirnya digeser India pekan ini. Berdasarkan data Johns Hopkins University pada Rabu ini, total kasus covid-19 di Rusia telah melampaui 693 ribu. Rusia juga diketahui telah melakukan tes covid-19 terhadap 21,5 juta warganya.

    "Kami memiliki jumlah kasus infeksi yang cukup tinggi, namun angka mortalitasnya sangat rendah, yakni 10 ribu. Sedangkan 460 ribu pasien telah dinyatakan sembuh," terangnya.

    Untuk tambahan infeksi harian covid-19 di Rusia, angka rata-ratanya berada di bawah 1 persen. Menurut Dubes Lyudmila, saat ini kurva infeksi covid-19 di Negeri Beruang Merah semakin mendatar.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id