comscore

Melalui Kenya, Indonesia Siap Perluas Produk Pertahanan

Marcheilla Ariesta - 17 Maret 2022 15:29 WIB
Melalui Kenya, Indonesia Siap Perluas Produk Pertahanan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pernyataan pers bersama dengan Menteri Kabinet Kenya di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022./Layar tangkap Zoom
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, dalam pertemuannya dengan Menteri Kabinet Kenya, Raychelle Omamo ada tiga sektor kerja sama penting yang dibahas. Ketiga sektor ini mampu membawa hubungan Indonesia-Kenya ke tahap kerja sama selanjutnya.

"Pertama, kerja sama kesehatan. Kami berbagi pandangan bahwa 2022 harus menjadi tahun pemulihan dari pandemi, di mana vaksin memegang peranan yang sangat penting," ucap Retno dalam pernyataan pers bersama di Jakarta, Kamis, 17 Maret 2022.
Retno mengatakan, dalam pembahasan bilateral, keduanya sepakat tentang pentingnya akses vaksin yang setara untuk mengakhiri pandemi. Terutama, kata Retno, untuk memenuhi target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni 70 persen dari total populasi pada pertengahan 2022.

"Saya berbagi tentang komitmen Indonesia untuk berkontribusi pada penguatan global arsitektur kesehatan dan menempatkan isu ini sebagai salah satu prioritas Indonesia untuk Kepresidenan G20," terang Retno.

Kedua, katanya, pembahasan mengenai pemulihan ekonomi. Retno menejaslan, pada hubungan ekonomi, Indonesia melihat adanya tren positif dengan Kenya di bidang perdagangan.

Nilai perdagangan selama lima tahun terakhir meningkat hingga 15,73 persen. Bahkan, angka terseut meningkat 91,8 persen di tengah pandemi.

Baca juga: Perkuat Hubungan Bilateral, Kenya Buka Kedutaan di Indonesia

Meski demikian, tutur Retno, ia dan Omamo sepakat untuk mengeksplorasi lebih lanjut langkah-langkah untuk meningkatkan hubungan ekonomi. Beberapa caranya melalui peningkatan akses pasar untuk produk potensial, kerja sama infrastruktur, dan memanfaatkan momentum pembaruan nota kesepahaman (MoU) dengan Kamar Dagang masing-masing yang dinilai dapat mendorong interaksi lebih dekat di bidang kerja sama ekonomi.

Terakhir, seru Retno, sektor pertahanan. "Saya menegaskan kembali kesiapan Indonesia untuk memperluas produk pertahanan dan militer ke benua Afrika, termasuk produk industri strategis kami oleh BUMN, PT PAL, PT Pindad, dan PT Dirgantara Indonesia," menurut Menlu Retno.

Omamo akan mengunjungi PT. Pindad di Bandung untuk mendapatkan pengetahuan langsung mengenai industri pertahanan Indonesia. Kunjungan akan dilakukan pada Jumat besok.

Sementara itu, Kenya baru saja meresmikan kantor kedutaan mereka di Indonesia. Omamo menuturkan, kunjungannya ke Indonesia bertujuan untuk memperdalam hubungan bilateral kedua negara.

"Kami akan meletakkan kaki kami di sini, membangun fondasi yang kuat di mana kami akan dapat memberi layanan konsuler kepada penduduk Kenya di Indonesia, membuka jalur kemitraan bisnis, dan pendekatan antarmasyarakat," tutur Omamo.

Ia mengatakan, sangat menghergai hubungan historis kedua negara yang telah berlangsung lama, yang didukung oleh nilai-nilai bersama serta hubungan antarmasyarakat yang kuat.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id