comscore

Suami Bersiap Wamil di Ukraina, WNI Sesalkan Komentar Netizen Indonesia

Marcheilla Ariesta - 18 Maret 2022 17:05 WIB
Suami Bersiap Wamil di Ukraina, WNI Sesalkan Komentar Netizen Indonesia
WNI, Nani Agustina bersama suami dan anaknya. Foto: VOA Indonesia
Jakarta: Seorang warga negara Indonesia (WNI) Nani Agustin meminta kepada warganet untuk tidak memberikan komentar menyakitkan tentang situasi di Ukraina. Nani dan putrinya, Sofia, termasuk sebagai WNI yang berhasil dievakuasi dari Ukraina.

"Saya juga ingin mengimbau kepada netizen Indonesia, ada beberapa yg memberikan komentar yang saya bacanya sakit sekali," kata Nani, dikutip dari Voice of America (VOA), Jumat, 18 Maret 2022.
"Mungkin mereka tidak merasakan yang kami rasakan, saya mengerti, tapi tolong jika kalian tidak tau apa yang terjadi, tolong tidak memberikan komentar yang lebih menyakitkan lagi," tuturnya.

Nani sudah tinggal di Ukraina selama 10 tahun. Ia dan Sofia kini berada di Padang, Sumatra Barat setelah berhasil dievakuasi dari Ukraina.

Namun, suaminya -,yang merupakan warga Ukraina,- tidak ikut. Seperti laki-laki Ukraina usia 18-60 tahun lainnya, suami Nani harus menetap di Ukraina dan menunggu seandainya dipanggil wajib militer.

Nani ingat saat harus berpisah dengan Sofia, suaminya mengatakan tidak bisa ikut pergi karena ada 'pekerjaan' yang harus diselesaikan.

"Sofia, papa tidak bisa ikut karena papa masih ada kerjaan yang belum selesai. Nanti setelah kerjaan papa selesai, papa akan datang jemput," kata Nani meniru perkataan sang suami pada putrinya.

Nani mengatakan, putrinya menangis dan meminta ayahnya untuk tidak pergi lama-lama. Nani mengatakan, ia bersyukur karena kini telah aman dan selamat di Indonesia.

Meski demikian, ia mengakui 'pikiran dan hatinya' masih di Ukraina. Terlebih suami dan keluarga mertuanya masih di sana.

Pemerintah Ukraina mengimbau agar laki-laki usia produktif antara 18-60 tahun untuk tidak keluar dari negara itu, setelah Rusia melakukan invasi ke Ukraina.

Dari data Kementerian Luar Negeri, ada 32 WNI yang memilih tidak ikut evakuasi pemerintah. Mereka memilih menetap dengan alasan tidak ingin meninggalkan keluarganya di Ukraina.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id