comscore

Dahului Marcos Jr, Putri Duterte Dilantik sebagai Wapres Filipina

Willy Haryono - 20 Juni 2022 21:32 WIB
Dahului Marcos Jr, Putri Duterte Dilantik sebagai Wapres Filipina
Sara Duterte-Carpio mengucapkan sumpah jabatan sebagai wakil presiden Filipina di Davao, Minggu, 19 Juni 2022. (Ferdinandh Cabrera / AFP)
Davao: Sara Duterte-Carpio, putri dari presiden Filipina Rodrigo Duterte, resmi dilantik sebagai wakil presiden ke-15 negara tersebut pada Minggu, 19 Juni 2022. Ia menyerukan persatuan nasional setelah berlalunya masa kampanye pilpres Filipina yang dipenuhi perpecahan.

Pelantikan Sara Duterte dilakukan lebih dulu dari Ferdinand Marcos Jr., yang baru akan dilantik sebagai presiden Filipina pada 30 Juni mendatang.
"Hari-hari ke depan mungkin akan dipenuhi tantangan, sehingga kita semua harus bersatu sebagai sebuah negara," kata Sara Duterte di kampung halamannya di Davao, dikutip dari New Straits Times.

Pengucapan sumpah jabatan dilakukan Sara Duterte dengan didampingi kedua orang tuanya.

Sara Duterte, 44, adalah cawapres pendamping Marcos Jr. dalam pemilu Filipina yang berlangsung pada 9 Mei lalu. Ia sempat dijagokan sebagai calon pengganti Duterte, namun pada akhirnya hanya memilih untuk menjadi cawapres.

Marcos Jr., anak dari mantan diktator Filipina Ferdinand Marcos, turut hadir dalam seremoni pelantikan Sara Duterte yang juga diikuti ratusan kerabat, sekutu serta simpatisan partai.

Keduanya meraih kemenangan telak dalam pemilu Filipina, dengan raihan suara yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa dekade terakhir. Marcos Jr. dan Sara Duterte membentuk sebuah aliansi krusial dengan semangat persatuan nasional.

Baca:  Kenapa Rakyat Filipina Memilih Anak Diktator Sebagai Presiden?

Seperti ayahnya, Sara Duterte pernah menjadi pengacara sebelum akhirnya memasuki dunia politik di tahun 2007. Kala itu, ia dipercaya menjadi wakil wali kota Davao, kota yang berlokasi sekitar 1.000 kilometer dari Manila.

Awalnya, Sara Duterte ingin menjadi dokter, namun memutuskan mengejar karier di dunia politik. Pada 2010, ia sukses menjadi wali kota perempuan pertama di Davao.

"Jika kita semua mencoba mendengarkan seruan untuk melayani dan memutuskan untuk menjalankan seuan tersebut, maka saya yakin negara ini akan bergerak menuju masa depan penuh harapan, keamanan, kekuatan, stabilitas dan kemajuan," ungkap Sara Duterte.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id