Filipina Akan Minta AS Lawan Tiongkok Jika Diserang

    Marcheilla Ariesta - 27 Agustus 2020 20:25 WIB
    Filipina Akan Minta AS Lawan Tiongkok Jika Diserang
    Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr. Foto: AFP.
    Manila: Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr untuk pertama kalinya terbuka mengatakan, akan meminta perjanjian pertahanan dengan Amerika Serikat (AS). Hal ini akan berlaku jika Tiongkok bergerak menyerang kapal-kapal Filipina di Laut China Selatan.

    Locsin mengatakan, Filipina akan melanjutkan patroli udara di atas daerah itu walaupun sudah diperingatkan Tiongkok. Menurut Beijing, yang dilakukan Filipina adalah tindakan provokasi yang ilegal.

    "Mereka (Tiongkok) dapat menyebutnya sebagai provokasi ilegal, Anda tidak dapat mengubah pikiran mereka. Mereka sudah kalah karena putusan arbitrase," kata Locsin, dilansir dari Sputnik, Kamis, 27 Agustus 2020.

    Pernyataannya tersebut merujuk pada keputusan pengadilan internasional 2016 yang memutuskan menentang sebagian besar klaim Tiongkok di Laut China Selatan.

    "Tetapi, jika terjadi sesuatu yang seharusnya tidak diserang, namun pada kenyataannya mendapat serangan, katakanlah kapal Angkatan Laut Filipina, berarti saya akan menelepon Washington DC (untuk membantu)," imbuhnya.

    Pernyataan ini muncul setelah Departemen Pertahanan Nasional Filipina pada pertengahan Juli lalu, mengindikasikan dukungan mereka kepada Amerika Serikat. Mereka mengatakan sangat setuju dengan posisi masyarakat internasional bahwa harus ada tatanan berbasis aturan di Laut China Selatan.

    Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, bulan lalu mengecam klaim Beijing di daerah itu. Dia mengatakan klaim Beijing sepenuhnya melanggar hukum internasional.

    Sementara itu, pada Juni lalu, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan keprihatinan atas meningkatnya aktivitas Beijing di Laut China Selatan. Padahal, kawasan itu sibuk berjuang dengan pandemi virus korona (covid-19).

    "Kami meminta para pihak menahan diri dari meningkatnya ketegangan dan mematuhi tanggung jawab di bawah hukum internasional," tegas Duterte.

    (FJR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id