Hari Pertama VTL Malaysia-Singapura Berlaku, Kasus Positif Covid-19 Terdeteksi

    Fajar Nugraha - 29 November 2021 19:05 WIB
    Hari Pertama VTL Malaysia-Singapura Berlaku, Kasus Positif Covid-19 Terdeteksi
    PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob resmikan VTL dengan PM Singapura Lee Hsien Long, 29 November 2021. Foto: AFP



    Shah Alam: Kasus positif covid-19 terdeteksi di pintu masuk Johor Causeway pada hari pertama Malaysia-Singapore Vaccinated Travel Lane (VTL-Land) berlaku pada Senin 29 November 2021. Hal ini dipastikan Menteri Kesehatan Malaysia Khairy Jamaluddin.

    Menkes Khairy mengatakan, kasus tersebut terdeteksi melalui tes RTK-Antigen yang dilakukan di pintu masuk internasional.

     



    "Masalahnya sedang diverifikasi melalui uji konfirmasi menggunakan RT-PCR. Kami ingin menggunakan uji RT-PCR untuk mengkonfirmasi hasil uji RTK-Antigen," katanya dalam konferensi pers usai meresmikan di National Health Institute Covid-19 Upacara Penghargaan Personel, seperti dikutip Bernama, Senin 29 November 2021.

    Baca: PM Singapura Sebut Varian Omicron Tidak Ganggu VTL dengan Malaysia.

    Dia mengatakan Dinas Kesehatan Johor Baru sedang melakukan penilaian risiko pada mereka yang bepergian dengan bus yang sama dengan individu yang dinyatakan positif. Ini perlu dilakukan untuk memutuskan apakah mereka perlu dikarantina atau dikenai pembatasan lain.

    “Meskipun ada satu kasus (positif), saya tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang dapat menggagalkan VTL,” tegasnya.

    "Sebaliknya, itu harus menjadi contoh bagaimana pengujian pra-keberangkatan dan kedatangan dan sejenisnya adalah tindakan pencegahan yang diperlukan,” jelas Khairy.

    “Akan ada kasus positif, tetapi yang penting kemampuan dan persyaratan diagnostik kami serta penilaian risiko yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan ketika kasus seperti itu terjadi,” tambahnya.

    Khairy mengatakan Senin adalah hari penting bagi Malaysia dan Singapura karena menandai pembukaan kembali perbatasan mereka, yang telah ditutup selama sekitar 20 bulan karena pandemi covid-19.

    "Kalau kami menerima informasi lebih lanjut tentang kasus itu sore ini, kami akan mengeluarkan pernyataan tentang status VTL," pungkas Khairy.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id