Banyak Pihak Tawarkan Alat Uji Covid-19 ke Indonesia

    Marcheilla Ariesta - 19 Maret 2020 20:35 WIB
    Banyak Pihak Tawarkan Alat Uji Covid-19 ke Indonesia
    Jerman sediakan tempat tes kilat untuk virus korona. Foto: AFP
    Jakarta: Banyak negara, kelompok masyarakat dan pihak swasta menawarkan bantuan bagi Indonesia terkait dengan penanggulangan virus korona covid-19. Hal tersebut disampaikan Direktur Asia Timur dan Pasifik, Santo Darmosumarto.

    "Indonesia menyampaikan apresiasi atas perhatian yang disampaikan oleh pihak-pihak tersebut dan keinginan untuk membantu masyarakat Indonesia," kata Santo dalam jumpa pers melalui video di Jakarta, Kamis 19 Maret 2020.

    Santo menambahkan banyak pihak juga bersedia menyumbangkan test kit (alat uji) untuk covid-19. "Yang ingin saya tekankan adalah kesediaan untuk melakukan bantuan ke Indonesia tidak hanya ada dari pemerintah asing, negara sahabat kita, tapi juga dari kelompok masyarakat dan swasta," ungkapnya.

    Terkait hal tersebut, kata Santo, memerlukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait mengenai apa yang diperlukan Indonesia. Menurutnya, untuk menerima bantuan, diperlukan assessment dan kesanggupan, serta kesediaan yang bisa diberikan pihak-pihak yang ingin menyumbang.

    "Hal tersebut memerlukan koordinasi intensif, baik di dalam negeri maupun dengan pihak-pihak yang akan memberikan bantuan agar bantuan tersebut ketika sampai ke Indonesia dapat diberikan dan dimanfaatkan sesuai dengan prioritas yang telah ditetapkan pihak berwenang Indonesia," tuturnya.

    "Kini, kami masih menunggu jumlahnya dari pihak-pihak berwenang Indonesia seperti Kementerian Kesehatan RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Setelah itu, baru kami sampaikan ke pihak asing yang ingin membantu," jelas Santo.

    Sebelumnya, pemerintah Indonesia memberikan bantuan untuk Tiongkok berupa masker. Bantuan diserahkan bersamaan dengan penjemputan WNI dari Wuhan, Tiongkok.

    "Di dalam pesawat kita juga membawa peralatan yang diperlukan pihak RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Yaitu antara lain masker dan surgical unit," tutur mantan Dubes RI untuk Belanda itu VIP Terminal 1, Bandara Internasional Soekarno Hatta.

    Bantuan tersebut, jelas Menlu Retno, diterima melalui Hubei Charity Foundation.

    Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar pada 16 Maret lalu dilaporkan melakukan konferensi video dengan para duta besar negara sahabat di Jakarta. Dalam kegiatan tersebut, Indonesia menegaskan kembali untuk memfasilitasi kekonsuleran yang bisa diberikan kepada perwakilan asing di Jakarta.

    "Yang penting adalah bagaimana negara di dunia bisa bangun kerja sama, bisa mengatasi tantangan global untuk kasis covid-19. Jadi, tawaran kesediaan negara-negara memberi bantuan bagi negara yang terdampak itu adalah satu realisasi kerja sama internasional yang sedang dibangun," pungkas Plt Juru Bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id