Populer Internasional: Mochtar Kusumaatmadja Wafat Hingga Kandidat Utusan Khusus ASEAN ke Myanmar

    Fajar Nugraha - 07 Juni 2021 09:36 WIB
    Populer Internasional: Mochtar Kusumaatmadja Wafat Hingga Kandidat Utusan Khusus ASEAN ke Myanmar
    Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmaja meninggal dunia di usia 92 tahun. Foto: Universitas Padjajaran



    Jakarta: Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia di usia 92 tahun pada Minggu, 6 Juni 2021. Kabar duka disampaikan melalui akun Twitter Kantor Staf Presiden (KSP).

    Kabar meninggalnya Mochtar Kusumaatmadja itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom. Diikuti dengan beberapa berita lainnya yang menarik.

     



    Isu menarik lainnya termasuk pemimpin Boko Haram dikabarkan tewas bunuh diri di hutan. Kemudian disertai dengan kabar mengenai ASEAN yang sudah menyerahkan daftar nama kandidat utusan khusus ke junta Myanmar.

    Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

    1. Mengenang Mochtar Kusumaatmaja, Sosok yang Berjasa Dalam Deklarasi Djuanda

    Mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja meninggal dunia di usia 92 tahun pada Minggu, 6 Juni 2021. Kabar duka disampaikan melalui akun Twitter Kantor Staf Presiden (KSP).
     
    Kabar Mochtar meninggal dunia menjadi duka mendalam bagi publik Tanah Air. Termasuk Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW). Ia pun mengenang jasa-jasa Mochtar untuk Indonesia. Salah satunya adalah Deklarasi Djuanda yang telah memperkuat dan memperluas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
     
    "Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Beliau (Mochtar Kusumaatmaja) adalah pahlawan bangsa yang sukses dengan Deklarasi Djuanda perkuat soliditas dan perluas NKRI tanpa nyalak senjata," kata Hidayat saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

    Seperti apa sosok Mochtar Kusumaatmadja? Simak di sini.

    2. Pemimpin Boko Haram Dikabarkan Tewas Bunuh Diri di Hutan

    Pemimpin kelompok militan Boko Haram Abubakar Shekau dilaporkan tewas bunuh diri di area hutan di Nigeria, menurut keterangan audio dari grup Islamic State West Africa Province (Iswap) yang diterima sejumlah kantor berita.
     
    Dalam audio, dilansir dari laman BBC pada Senin, 7 Juni 2021, disebutkan bahwa Shekau tewas meledakkan dirinya sendiri setelah terjadinya pertempuran antar dua grup.
     
    Shekau dilaporkan tewas bulan lalu dan sudah beberapa kali diberitakan demikian sebelumnya. Hingga saat ini baik Boko Haram maupun pemerintah Nigeria belum mengonfirmasi kematiannya.

    Apa yang memicu pemimpin Boko Haram itu bunuh diri? Simak di tautan ini.


    3. ASEAN Serahkan Daftar Nama Kandidat Utusan Khusus ke Junta Myanmar

    Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) telah menyerahkan daftar nama calon utusan khusus kepada junta militer Myanmar. Nantinya, utusan khusus akan menjadi mediator ASEAN dalam menjembatani dialog antara junta dan kelompok pro-demokrasi di Myanmar.
     
    Berdasarkan keterangan tertulis yang dirilis akhir pekan kemarin, Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi dan menteri luar negeri kedua Brunei Darussalam Erywan Pehin Yusof, telah menyerahkan daftar itu ke junta dalam kunjungan mereka ke Myanmar pada Kamis dan Jumat kemarin.
     
    Dilansir dari laman ANI pada Senin, 7 Juni 2021, keterangan ASEAN tidak mengungkapkan siapa-siapa saja nama yang berpotensi menjadi utusan khusus untuk Myanmar.

    Bagaimana peran utusan khusus ASEAN untuk Myanmar ini nantinya? Simak di tautan ini.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id