Kasus Perdana Covid-19 Varian India Ditemukan di Filipina

    Marcheilla Ariesta - 11 Mei 2021 14:02 WIB
    Kasus Perdana Covid-19 Varian India Ditemukan di Filipina
    Ilustrasi virus korona covid-19. (AFP)



    Manila: Filipina mendeteksi dua kasus perdana dari varian Covid-19 yang pertama kali terdeteksi d India. Kementerian Kesehatan mengatakan varian tersebut dikonfirmasi pada dua pelaut yang kembali dari Uni Emirat Arab dan Oman April lalu.

    "Kami perlu terus memantau varian lain yang mungkin dapat kami deteksi secara lokal, serta memantau penyebaran varian yang telah terdeteksi," tutur Direktur Biro Epidemiologi Kementerian Kesehatan Filipina, Alethea De Guzman.

     



    Dilansir dari Malay Mail, Selasa, 11 Mei 2021, Manila telah melarang masuknya pelancong dari India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bangladesh ke negara itu. Langkah ini diambil pemerintah untuk mencegah masuknya varian virus tersebut.

    Di Asia Tenggara, Indonesia dan Malaysia sudah melaporkan kasus pertama varian virus yang disebut B.1.617 tersebut pada bulan ini. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan varian ini menular dengan lebih cepat.

    Filipina sebelumnya juga telah mencatat kasus varian yang pertama kali terdeteksi di Inggris dan yang lain pertama kali ditemukan di Afrika Selatan, serta varian P.3 dan menyebar di dalam negeri.

    Negara itu kini memiliki angka infeksi Covid-19 lebih dari 1,1 juta kasus dengan 18.562 diantaranya meninggal.

    Varian B.1.617 adalah varian keempat yang dinyatakan sebagai varian kekhawatiran global oleh WHO. Tiga varian lainnya adalah yang terdeteksi di Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil.
     
    "Kami mengklasifikasikan (varian India) ini sebagai varian yang menimbulkan kekhawatiran di level global," ucap Kepala Urusan Teknis Covid-19 WHO, Maria Van Kerkhove.

    Baca:  WHO: Varian Covid-19 India Jadi Kekhawatiran Global


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id