comscore

Indonesia Saling Tukar Pandang Konstruktif Terkait G20 bersama India

Fajar Nugraha - 18 Juni 2022 00:55 WIB
Indonesia Saling Tukar Pandang Konstruktif Terkait G20 bersama India
Menlu Retno Marsudi bersama rekannya dari India, Menlu S. Jaishankar. Foto: Andhika/Twitter
New Delhi: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan rekannya Menlu India S.Jaishankar. Isu mengenai G20 mennjadi perhatian.

India merupakan bagian dari troika G20. Tahun depan India akan menjadi Ketua G20.
“Kita sepakat bahwa ditengah situasi yang penuh tantangan ini maka tanggungjawab G20 sebagai katalisator pemulihan ekonomi menjadi lebih penting dan diharapkan dunia,” ungkap Menlu Retno Marsudi, Jumat 17 Juni 2022.

“Saya sampaikan terima kasih atas dukungan kuat India terhadap presidensi Indonesia. Menlu India telah sampaikan konfirmasi akan hadir dalam pertemuan Menlu G20 di Bali bulan depan,” sebut Menlu Retno.

Di bidang perdagangan Indonesia dan Singapura sambut baik kenaikan perdagangan di tahun 2021 sebesar 33 persen. Untuk lebih meningkatkan perdagangan, Indonesia telah usulkan Preferential Trade Agreement. ToR sudah diserahkan ke India.

Di bidang investasi, kita juga lihat kenaikan sebesar 187 persen ditahun 2021 dan kita sampaikan sambut baik investasi India di Indonesia,” ujar Menlu.

Di bidang energi, kedua menlu bahas secara seimbang baik kerja sama minyak dan gas serta Kerja sama di bidang energi baru terbarukan.  Di bidang food security, baik Retno dan Jaishankar memiliki kekhawatiran yang sama mengenai terganggungnya rantai pasok pangan yang dihadapi hampir seluruh negara dunia saat ini.

India sendiri merupakan salah satu pengimpor terbesar CPO Indonesia dan Indonesia juga mengimpor gandum dari India.

Di bidang kesehatan, Indonesia dan sepakat tingkatkan di bidang produksi obat-obatan dan alat Kesehatan termasuk pengembangan joint venture.  “Kita sambut baik rencana kunjungan Pharmexcill ke Indonesia yang akan menjajagi investasi di bidang vaksin dan bahan baku obat,” sebut Menlu.

Indonesia dan India juga melakukan kerja sama menyeluruh dalam bidang pertahanan.  Di bidang pertahanan proses ratifikasi Defence Cooperation Agreement, sedang berjalan saat ini.

Menlu juga tekankan mengenai harapan Indonesia agar sinergi antara berbagai konsep Indo-Pasifik dapat dilakukan. Tentunya ini akan digiring pada kerjasama yang konkret.

India sangat mendukung ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP) dan siap untuk tingkatkan kerja sama.


(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id