WNI Terinfeksi Korona di Luar Negeri Bertambah Jadi 48 Orang

    Marcheilla Ariesta - 19 Maret 2020 15:46 WIB
    WNI Terinfeksi Korona di Luar Negeri Bertambah Jadi 48 Orang
    Mengenakan masker sebagai salah satu cara menghindari virus korona. Foto: AFP
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri melakukan pembaruan jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang terjangkit covid-19 di luar negeri. Per Kamis 19 Maret 2020, jumlah WNI yang terjangkit covid-19 berjumlah 48 dengan tambahan delapan orang di India.

    "Hingga hari ini, ada total 48 WNI kita di luar negeri yang positif terjangkit covid-19. Dari total 48, 38 masih dalam perawatan di rumah sakit, 10 sudah dinyatakan sehat dan keluar dari rumah sakit," ujar Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dalam konferensi pers virtual Kemenlu di Jakarta.

    Para WNI tersebut tersebar di beberapa negara dan wilayah, dengan rincian 14 orang di Singapura, sembilan di Jepang yang semuanya berasal dari kapal Diamond Princess, satu WNI di Taiwan, masing-masing satu di Australia, Arab Saudi,  di Macau, 13 di Malaysia dan delapan di India.

    Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah mengatakan, WNI yang terjangkit covid-19 di India kemungkinan adalah imported case.

    "Sejauh informasi awal tampaknya ini adalah imported case. Kami tidak tahu karena tidak ada informasi lanjut darimana mereka mendapatkan (virus)," serunya dalam kesempatan yang sama.

    Faizasyah melanjutkan, informasi lebih lanjut mengenai WNI tersebut bisa diperoleh dari Kementerian Kesehatan.

    Duta Besar RI untuk India Sidharto Suryodipuro juga membenarkan ada 10 WNI yang diperiksa virus covid-19. Dari 10 tersebut, delapan dinyatakan positif, dan dua lainnya masih dalam pemeriksaan.

    "Berdasarkan pembahasan kami dengan Director for Public Health Telangana, dari pemeriksaan terkini, dari 10 WNI yang diperiksa kesehatan di Hyderabad sejak Minggu, delapan positif terinfeksi covid-19 dan sedang dalam perawatan dan kondisi stabil. Dua sedang diperiksa lebih lanjut dan hasil diketahui hari ini," terangnya.

    "Kita hargai upaya otoritas kesehatan India dan negara bagian Telangana, termasuk dengan terus meng-update KBRI," imbuhnya.



    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id