Empat Rohingya Tewas dalam Baku Tembak di Bangladesh

    Willy Haryono - 27 Juni 2020 19:02 WIB
    Empat Rohingya Tewas dalam Baku Tembak di Bangladesh
    Pengungsi Rohingya menanti bantuan di kamp pengungsian di Bangladesh. (Foto: AFP)
    Cox's Bazar: Empat orang terduga personel sebuah grup militan Rohingya tewas dalma baku tembak dengan kepolisian Bangladesh di dekat kamp pengungsian. Baku tembak terjadi saat pasukan keamanan mencari pemimpin sebuah grup di area hutan dekat kamp Rohingya di Cox's Bazzar.

    "Para tersangka menembaki polisi. Baku tembak pun tak terhindarkan, dan empat dari mereka tewas," kata seorang inspektur polisi, Morzina Akhter.

    "Polisi juga menemukan sekitar 40 ribu pil dan senjata rakitan dari lokasi baku tembak," sambungnya, dilansir dari laman Gulf Today, Sabtu 27 Juni 2020.

    Menurut keterangan otoritas setempat dan media lokal, keempat pria yang tewas berasal dari grup pimpinan Abdul Hakim. Grup tersebut diketahui sering menculik warga lokal untuk meminta uang tebusan.

    Grup tersebut diduga telah menculik sedikitnya tujuh warga Bangladesh dan membunuh tiga sandera dalam dua bulan terakhir. Menurut keterangan otoritas setempat, Hakim masih bebas berkeliaran di luar sana.

    Meski sejumlah grup hak asasi manusia mengakui adanya elemen kriminal di kalangan pengungsi Rohingya, mereka meminta otoritas Bangladesh untuk menginvestigasi dugaan kasus semacam itu.

    Maret lalu, polisi menembak mati tujuh terduga geng Rohingya yang disebut-sebut terlibat dalam pengedaran narkotika dan perdagangan manusia.

    Lebih dari 700 ribu Muslim Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar ke Bangladesh sejak terjadinya operasi militer di Rakhine pada Agustus 2017. Militer Myanmar melancarkan operasi di Rakhine tiga tahun lalu sebagai respons atas rangkaian serangan pemberontak.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id