Ribuan Warga Filipina Terdampak Topan Vamco Menanti Bantuan

    Willy Haryono - 14 November 2020 11:24 WIB
    Ribuan Warga Filipina Terdampak Topan Vamco Menanti Bantuan
    Warga membersihkan salah satu rumah yang terkena banjir akibat terjangan Topan Vamco di Filipina. (AFP/Ted Aljibe)
    Manila: Penjaga pantai Filipina dan sejumlah agensi penanggulangan bencana di negara tersebut dikerahkan pada Sabtu, 14 November 2020, ke untuk menyelamatkan ribuan orang di sebuah provinsi utara yang dilanda Topan Vamco. Vamco merupakan siklon paling mematikan di Filipina tahun ini.

    Puluhan kota di kawasan Cagayan di utara Manila masih tergenang banjir yang dipicu terjangan Vamco. Banjir berdampak pada ribuan keluarga, yang membuat sebagian dari mereka bertahan di lantai dua atau atap rumah.

    Sejak Sabtu pagi, dilansir dari laman The Straits Times, penjaga pantai mengerahkan sekelompok personel yang menaiki perahu karet ke Tuguegarao. Komandan penjaga pantai Filipina George Ursabia mengatakan pihaknya akan mendatangkan lebih banyak bantuan dari beberapa provinsi terdekat.

    Efek akumulasi dari beberapa gangguan cuaca sebelumnya juga berkontribusi terhadap musibah banjir di provinsi Cagayan.

    Baca:  Topan Vamco Hantam Filipina, Lumpuhkan Sebagian Manila

    Bendungan Magat di Filipina meluap sebagai dampak terjangan Vamco pada Selasa kemarin. Berdasarkan data pemerintah, air yang dirilis bendungan tersebut setara dengan dua kolam renang ukuran Olimpiade per detik.

    Lembah Cagayan adalah kawasan dengan total 1,2 juta penduduk, yang terdiri dari lima provinsi. Hampir 14 ribu orang di sana kini mengungsi ke pusat-pusat evakuasi usai terjadinya banjir.

    "Kami memprediksi, setidaknya membutuhkan waktu lebih dari satu pekan sebelum banjir benar-benar surut jika tidak ada hujan lebih lanjut," kata Wali Kota Tuguegarao City, Jefferson Soriano, kepada radio DZMM.

    Ia mengatakan akses ke kota tersebut, rumah bagi 163 ribu, terputus akibat banjir. Sejauh ini, korban terjangan badai Vamco di Filipina telah mencapai 42 orang.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id