Daryati, PMI di Singapura Dibebaskan dari Hukuman Mati

    Marcheilla Ariesta - 23 April 2021 13:44 WIB
    Daryati, PMI di Singapura Dibebaskan dari Hukuman Mati
    Ilustrasi penjara. Foto: Medcom.id



    Singapura: Pengadilan Singapura membebaskan Daryati, pekerja migran Indonesia (PMI) yang didakwa membunuh majikannya pada 2016, dari hukuman mati. Namun, Pengadilan Singapura menjatuhkan hukuman seumur hidup kepadanya.

    Daryati membunuh majikan perempuannya dengan alasan keadaan keluarga dan keinginan untuk segera pulang. Majikannya tewas dengan 98 luka tusukan. Suami sang majikan juga mengalami luka akibat perbuatannya.






    Kasus Daryati sudah bergulir selama hampir lima tahun. Pada awalnya, Daryati didakwa ancaman tunggal hukuman mati karena adanya bukti pembunuhan berencana.

    "KBRI Singapura dibantu oleh pengacara Mohamed Muzammil mengupayakan keringanan hukuman terhadap Daryati," tutur KBRI Singapura dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Jumat, 23 April 2021.

    Daryati rupanya pernah mengalami kekerasan di masa lalu yang mengakibatkan trauma mendalam dan memengaruhi kondisi kejiwaannya. Namun, pada 2020, jaksa mengubah tuntutan menjadi ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati.

    "Negara telah mengupayakan semua daya sesuai dengan prinsip perlindungan dan ketentuan perundang-undangan untuk bisa meringankan hukuman Daryati," sambung mereka.

    KBRI telah mendampingi proses hukum yang dijalani Daryati, termasuk pemberian bantuan hukum oleh pengacara sejak ia pertama kali didakwa pada 2016.

    Seperti di Indonesia, Singapura masih menerapkan hukuman mati. Terdapat 32 jenis kejahatan yang pelakunya dapat dihukum mati, termasuk pembunuhan, narkoba, terorisme, serta kepemilikan senjata api atau bahan peledak.

    KBRI mengimbau WNI di Singapura untuk berkonsultasi jika mengalami permasalahan dalam bekerja. Mereka membuka Hotline KBRI Singapura yang dapat dihubungi di nomor +6592953964.

    Baca juga: Bebas dari Hukuman Mati, WNI Asal Majalengka Tiba di Jakarta Hari Ini

    (WAH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id