Populer Internasional: ‘Deklarasi Perang’ Militer Myanmar hingga Turki Operasi Lawan PKK

    Fajar Nugraha - 15 Februari 2021 08:50 WIB
    Populer Internasional: ‘Deklarasi Perang’ Militer Myanmar hingga Turki Operasi Lawan PKK
    Militer Myanmar kerahkan kendaraan lapis baja untuk hadapi pedemo penentang kudeta. Foto: AFP



    Yangon: Seorang pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuduh militer Myanmar telah "mendeklarasikan perang" kepada masyarakat. Militer juga telah mengerahkan sejumlah kendaraan militer di jalanan Kota Myanmar.

    Dikhawatirkan, militer Myanmar akan membubarka secara paksa protes dari warga penentang kudeta. Kabar ini menjadi berita terpopuler di Internasional Medcom.






    Diikuti dengan kabar lain mengenai pasukan Myanmar yang melepaskan tembakan ke pedemo penentang kudeta. Selain berita mengenai Myanmar, kabar tentang Turki juga menarik perhatian.

    Kabar ini mengenai 13 warga Turki yang tewas dalam operasi melawan kelompok militan Partai Pekerja Kurdi (PKK). Lebih lengkap mengenai berita terpopuler Internasional Medcom bisa disimak sebagai berikut:


    1. Pelapor Khusus PBB Tuding Militer Myanmar 'Deklarasikan Perang'

    Kendaraan militer terlihat di jalanan sejumlah kota di Myanmar, mengindikasikan akan adanya aksi pemberantasan terhadap unjuk rasa menentang kudeta. Indikasi lainnya adalah, jaringan internet di Myanmar hampir sepenuhnya terputus sejak Minggu, 14 Februari, pukul 18.30 waktu setempat.
     
    Di negara bagian Kachin, pasukan keamanan melepaskan tembakan di sebuah aksi unjuk rasa yang telah memasuki hari kesembilan pada Minggu kemarin.
     
    Dikutip dari BBC pada Senin, 15 Februari 2021, seorang pejabat Perserikatan Bangsa-Bangsa menuduh militer Myanmar telah "mendeklarasikan perang" kepada masyarakat.

    Tom Andrews, pelapor khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Myanmar, mengatakan bahwa jajaran jenderal "memperlihatkan tanda-tanda keputusasaan" di tengah maraknya aksi protes menentang kudeta.
     
    Bagaimana sikap putus asa dari militer Myanmar? Silahkan disimak di sini.


    2. Pasukan Myanmar Lepaskan Tembakan ke Pedemo Penentang Kudeta


    Pasukan keamanan di Myanmar melepaskan tembakan untuk membubarkan pengunjuk rasa di pembangkit listrik pada Minggu 14 Februari. Sementara kendaraan lapis baja meluncur ke kota-kota besar ketika penguasa militer menghadapi hari kesembilan demonstrasi antikudeta yang memicu ratusan ribu orang turun ke jalan.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id