Ratusan Demonstran Thailand Teriaki Rombongan Mobil Raja

    Willy Haryono - 14 Oktober 2020 12:03 WIB
    Ratusan Demonstran Thailand Teriaki Rombongan Mobil Raja
    Sekelompok orang berunjuk rasa di luar gedung pengadilan kriminal di Bangkok, Thailand. (AFP)
    Bangkok: Ratusan demonstran di Thailand terlibat bentrok dengan polisi dan juga meneriaki rombongan mobil Raja Maha Vajiralongkorn di Bangkok pada Selasa, 13 Oktober. Peristiwa terjadi usai ditangkapnya 21 pedemo menjelang aksi protes terbaru pada Rabu ini, 14 Oktober 2020.

    Kerumunan demonstran terdengar berteriak, "Bebaskan teman kami!" ke arah rombongan mobil raja yang melintas. Peristiwa seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya di Thailand.

    Satu dari 21 orang yang ditangkap pada demonstrasi pada Selasa kemarin adalah Jatupat Boonpattararaksa, seorang pemimpin demo, dan juga Chaiamorn Kaewwiboonpan, seorang penyanyi. Kepolisian Thailand mengatakan, 21 orang yang ditangkap akan didakwa sesuai pelanggaran mereka.

    "Sejumlah pengunjuk rasa mungkin tidak mematuhi aturan, jadi polisi harus menegakkan hukum. Polisi tidak bertindak di luar batas," kata juru bicara Pemerintah Thailand, Anucha Burapachaisiri, dikutip dari laman Al Jazeera.

    Aksi protes ini, yang sudah berlangsung selama tiga bulan, merupakan tantangan terbesar terhadap pemerintah Thailand yang didominasi jajaran militer dan istana.

    Para pengunjuk rasa menyerukan adanya konstitusi baru dan juga pengunduran diri dari Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, yang merupakan seorang mantan jenderal.

    Tidak hanya itu, demonstran juga meminta adanya pembatasan terhadap wewenang monarki Thailand. Seruan ini mematahkan tabu di Thailand mengenai kritik terhadap keluarga kerajaan.

    Sejauh ini Istana Thailand belum berkomentar mengenai gelombang unjuk rasa maupun seruan reformasi.

    Raja Vajiralongkorn masih tetap populer terlepas dari adanya unjuk rasa. Selasa kemarin, sang raja dan ratu meninggalkan istana, yang disambut ribuan para pendukungnya yang menunggu di tengah guyuran hujan.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id