Indonesia Akan Dorong 2 Rancangan Resolusi di Sidang Dewan HAM PBB

    Willy Haryono - 15 September 2021 12:28 WIB
    Indonesia Akan Dorong 2 Rancangan Resolusi di Sidang Dewan HAM PBB
    Dirjen Multilateral Kemenlu RI Febrian



    Jakarta: Indonesia berencana mendorong dua rancangan resolusi dalam sidang dewan hak asasi manusia perserikatan Bangsa-Bangsa tahun ini. Sidang Dewan HAM PBB yang ke-48 ini telah dibuka di Jenewa pada 13 September lalu, dan akan digelar hingga 8 Oktober mendatang.

    Sidang Dewan HAM PBB ini berjalan beriringan dengan Sidang Majelis Umum ke-76 PBB.

     



    "Rancangan resolusi yang pertama adalah mengenai peningkatan asistensi teknis dan pembangunan kapasitas dengan tema pemberdayaan perempuan," kata Dirjen Multilateral Kementerian Luar Negeri Febrian Alphyanto Ruddyard dalam keterangannya kepada awak media di Jakarta, Rabu, 15 September 2021.

    Tidak sendiri, rancangan resolusi yang pertama ini akan diajukan Indonesia bersama Brasil, Qatar, Singapura, Thailand, Maroko, Norwegia dan Honduras.

    "Sementara rancangan resolusi yang kedua adalah partisipasi setara di bidang politik dan publik. Rancangan ini diajukan bersama dengan Belanda, Botswana, Republik Ceko, dan Peru," tutur Febrian.

    Dalam Sidang Dewan HAM PBB tahun ini, Indonesia juga akan memberikan fokus kepada tiga hal utama. Pertama, mengenai hak atas vaksin serta obat-obatan dan alat kesehatan dalam menangani pandemi Covid-19.

    Kedua, mengenai isu lingkungan dan solidaritas inisiatif Gerakan Non Blok (GNB). "Dan ketiga, isu-isu HAM global lainnya," sebut Febrian.

    Ia menambahkan, tidak ada agenda mengenai Indonesia di Sidang Dewan HAM PBB tahun ini. "Fokus sidang kali ini adalah terkait pemajuan agenda hak atas lingkungan yang bersih, dan pendekatan HAM dalam memajukan penghormatan atas lingkungan hidup serta penanganan perubahan iklim," pungkasnya.

    Masih dalam rangkaian sidang tahun Ini, Komisioner Tinggi HAM PBB dan Special Procedure Mandate Holders akan menyampaikan pembahasan spesifik mengenai sejumlah negara, termasuk situasi di Myanmar, Afghanistan, Yaman dan lainnya.

    Baca:  Dewan HAM PBB Serukan Pembebasan Aung San Suu Kyi

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id