Menlu Iran Mohammad Javad Zarif Kunjungi Indonesia

    Medcom - 18 April 2021 19:42 WIB
    Menlu Iran Mohammad Javad Zarif Kunjungi Indonesia
    Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. (AFP)



    Jakarta: Pada Senin besok, 19 April 2021, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi akan menerima kunjungan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif di Jakarta. Pertemuan rencananya membahas berbagai perkembangan kerja sama bilateral, khususnya di bidang kesehatan, ekonomi, riset dan teknologi.

    Tidak hanya itu, kedua Menlu juga akan membahas berbagai hal mengenai penanganan Covid-19 dan percepatan pemulihan ekonomi pascapandemi.






    Dalam keterangan di situs Kemenlu RI pada Minggu, 18 April 2021, Menlu Iran juga dijadwalkan melakukan kunjungan kehormatan kepada Bapak Presiden Joko Widodo.

    Dalam beberapa pekan terakhir, Zarif telah berkunjung ke lima negara Asia Tengah. Ia telah mengunjungi Tajikistan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Kazakhstan, dan Turkmenistan.

    Pada 2020, Indonesia dan Iran memperingati 70 tahun hubungan diplomatik. Sepanjang tahun tersebut, total perdagangan kedua negara meningkat 52 persen, yaitu mencapai USD215 juta (setara Rp3,1 triliun), dari nilai tahun 2019 sebesar USD141,60 juta.

    Desember tahun lalu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Iran Ronny Prasetyo Yuliantoro menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Hassan Rouhani. Dubes pun menyatakan akan menjaga erat hubungan kedua negara.
     
    “Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama bilateral antara kedua negara di berbagai bidang yang telah berjalan dengan baik dan erat, terutama di bidang ekonomi dan perdagangan,” demikian disampaikan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Republik Islam Iran, Ronny Prasetyo Yuliantoro.
     
    Dari sisi Teheran, Duta Besar Iran untuk Indonesia Mohammad Khoush Heikal Azad mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara sahabat terpenting bagi Iran. Selain karena Indonesia merupakan negara dengan penduduk beragama Islam terbanyak, kedua negara rupanya juga memiliki beberapa kesamaan dalam bahasa dan budaya.

    Baca:  Dubes Iran: Ratusan Kosa Kata Indonesia Berasal dari Persia


    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id