Rusia Dukung 5 Konsensus ASEAN untuk Myanmar

    Marcheilla Ariesta - 28 April 2021 13:20 WIB
    Rusia Dukung 5 Konsensus ASEAN untuk Myanmar
    Presiden Joko Widodo (tengah) berbicara usai ASEAN Leaders Meeting (ALM) seputar isu Myanmar pada Sabtu, 24 April 2021. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)



    Jakarta: Rusia turut memantau perkembangan situasi terkini di Myanmar. Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan bahwa negaranya terus mengamati langkah-langkah ASEAN dalam membantu Myanmar, termasuk mengenai lima konsensus dalam pertemuan di Jakarta pekan kemarin.

    "Kami telah mengikuti secara dekat langkah ASEAN dalam memberikan solusi bagi situasi di Myanmar. Rusia sangat mendukung langkah ASEAN dan juga keputusan yang diambil dari pertemuan tingkat tinggi ASEAN," kata Lyudmila dalam jumpa pers daring, Rabu, 28 April 2021.






    Menurutnya, keputusan yang diambil ASEAN dapat membantu Myanmar mencapai solusi damai. "Rusia merasa dialog inklusif semacam ini merupakan jalan terbaik untuk mengatasi situasi tersebut," imbuhnya.

    Sabtu pekan lalu, para pemimpin negara anggota ASEAN berkumpul untuk membahas situasi di Myanmar. Dalam kesempatan itu, hadir pula pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing.

    Hasil pertemuan tersebut menghasilkan lima poin konsensus, dua di antaranya adalah mendorong junta militer menghentikan kekerasan terhadap para pedemo, dan juga segera membebaskan tahanan politik.

    Baca:  ASEAN Sepakati 5 Poin Konsensus Terkait Myanmar

    Myanmar bergejolak setelah militer mengambil alih kekuasaan sipil. Pemimpin sipil Aung San Suu Kyi ditahan beserta dengan beberapa orang lainnya. Hingga kini ia masih menjadi tahanan rumah.

    Kudeta terjadi karena militer tidak menyetujui hasil pemilihan pada November 2020 lalu di negara itu. Hasil pemilu menunjukkan partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi menang telak.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id