Populer Internasional: Jokowi Sayangkan Sikap Myanmar Hingga Pramugari Italia Copot Seragam

    Fajar Nugraha - 27 Oktober 2021 10:06 WIB
    Populer Internasional: Jokowi Sayangkan Sikap Myanmar Hingga Pramugari Italia Copot Seragam
    Presiden Joko Widodo saat mengikuti KTT ASEAN-AS. Foto: Biro Pers Setpres/Lukas



    Jakarta: Indonesia menyayangkan sikap Myanmar yang seolah tidak ingin dibantu ASEAN untuk keluar dari krisis politik. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam KTT ke-39 ASEAN, Selasa, 26 Oktober 2021.

    Tanggapan Jokowi itu menjadi berita terpopuler Internasional Medcom yang juga diikuti oleh beberapa kabar lainnya. Salah satu yang menarik perhatian adalah komitmen Joe Biden mengalokasikan Rp1,4 triliun untk perkuat hubungan ASEAN-AS.

     



    Kemudian diikuti dengan isu mengenai pramugari Italia yang copot seragam karena protes kondisi kerja. Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

    1. Jokowi Sayangkan Myanmar Seolah Tak Ingin Dibantu ASEAN

    Indonesia menyayangkan sikap Myanmar yang seolah tidak ingin dibantu ASEAN untuk keluar dari krisis politik. Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo dalam KTT ke-39 ASEAN, Selasa, 26 Oktober 2021.
     
    "Presiden Jokowi menyayangkan sikap Myanmar yang tidak menyambut uluran tangan ASEAN sebagai keluarga untuk membantu Myanmar keluar dari krisis politiknya," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pernyataan kepada media.
     
    Ia menambahkan, keputusan untuk hanya mengundang wakil Myanmar pada tingkat non-politik dalam KTT ASEAN kali ini adalah sebuah keputusan berat, namun harus dilakukan.

    Mengapa Myanmar tidak diundang ke KTT ASEAN? Simak tautan ini.
     

    2. Joe Biden Alokasikan Rp1,4 Triliun untuk Perkuat Hubungan ASEAN-AS

    Presiden Joe Biden mengumumkan inisiatif senilai USD100 juta atau setara Rp1,4 triliun untuk meningkatkan hubungan antara Amerika Serikat dan negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam ASEAN.
     
    Pengumuman disampaikan Biden saat menghadiri secara virtual Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-38, Selasa, 26 Oktober 2021.
     
    Ini merupakan kali pertama sejak 2017 seorang presiden aktif AS menghadiri KTT ASEAN. Pada 2017, Donald Trump pernah hadir di pertemuan tersebut.

    Untuk apa bantuan dari Amerika Serikat itu? Selanjutnya di sini.

    3. Protes Kondisi Kerja, Pramugari Italia Copot Seragam

    Pramugari di Italia melakukan protes karena kehilangan pekerjaan dan pemotongan gaji. Aksi protesnya pun dilakukan dengan cara unik, dengan melepas pakaian.
     
    Di Campidoglio sekitar 50 mantan pramugari muncul dengan seragam Alitalia mereka, kemudian melepas mereka untuk berdiri dengan pakaian dalam mereka, meneriakkan "Kami adalah Alitalia." Mereka masuk ke dalam maskapai nasional Italia yang baru mengudara, ITA Airways.
     
    Mereka memprotes tidak hanya terhadap kehilangan pekerjaan mereka, tetapi juga terhadap kontrak yang diberikan kepada mereka yang telah ditahan oleh ITA Airways.

    Seperti apa kondisi kerja yang dihadapi oleh para pramugari Italia itu? Simak di sini.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id