Populer Internasional: Tuduhan Junta ke Separatis Hingga ke Putin Selamati Bennett

    Fajar Nugraha - 15 Juni 2021 09:54 WIB
    Populer Internasional: Tuduhan Junta ke Separatis Hingga ke Putin Selamati Bennett
    Tentara Myanmar menuduh pemberontak Karen membunuh 25 pekerja konstruksi. Foto: AFP



    Yangon: Media Myanmar yang dikendalikan junta pada Senin 14 Juni 2021 menuduh kelompok etnis bersenjata membunuh 25 pekerja konstruksi. Pembunuhan itu dituduhkan terjadi di timur negara itu setelah menculik sekelompok 47 orang bulan lalu.
     
    Isu ini menjadi berita terpopuler Internasional Medcom, bersama dengan beberapa kabar lainnya.

    Salah satu yang menjadi perhatian adalah Arab Saudi gunakan robot untuk bagikan air zam-zam ke jamaah haji. Kemudian diikuti kabar mengenai Presiden Rusia Vladimir Putin yang memberikan selamat ke PM Israel yang baru Naftali Bennett.

     



    Berikut selengkapnya mengenai berita terpopuler Internasional Medcom:

    1. Junta Myanmar Tuduh Kelompok Bersenjata Karen Bunuh 25 Pekerja

    Media Myanmar yang dikendalikan junta pada Senin 14 Juni 2021 menuduh kelompok etnis bersenjata membunuh 25 pekerja konstruksi. Pembunuhan itu dituduhkan terjadi di timur negara itu setelah menculik sekelompok 47 orang bulan lalu.
     
    Tidak dapat dikonfirmasi kepada Organisasi Pertahanan Nasional Karen (KNDO) untuk mengomentari tuduhan tersebut. Juru bicara junta juga tidak memberikan komentar pasti mengenai tuduhan itu.
     
    Konflik di perbatasan Myanmar telah berkobar kembali di beberapa tempat sejak tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari dan menggulingkan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi.

    Apa yang menjadi motif tuduhan tersebut? Simak di tautan ini.

    2. Arab Saudi Pakai Robot untuk Bagikan Air Zamzam ke Jemaah Haji

    Para jemaah haji yang mengunjungi Masjidil Haram di Makkah tidak perlu lagi mengantre untuk menghilangkan dahaga. Pasalnya, Pemerintah Arab Saudi akan menyebarkan robot baru untuk membagikan air zamzam.
     
    Skema ini mulai diuji coba di Masjidil Haram pada Minggu, 13 Juni. Presiden Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci, Abdulrahman Al-Sudais, mengatakan bahwa penggunaan teknologi canggih ini penting demi menjaga keselamatan jemaah haji selama masa pandemi covid-19.
     
    Robot ini dirancang untuk mengurangi kemungkinan kontaminasi. Sehingga, para jemaah dan staf di masjid cukup mengambil sebotol air saat robot lewat tanpa perlu mengantre atau berbagi botol dengan orang lain.

    Seperti apa cara kerja robot itu? Selanjutnya di sini.

    3. Selamati Bennett, Putin Dorong Kerja Sama Konstruktif Rusia-Israel

    Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat atas terpilihnya Naftali Bennett sebagai perdana menteri baru Israel. Ia menyatakan harapannya untuk mendorong kerja sama konstruktif antar kedua negara.
     
    "Saya berharap jabatan Anda di pucuk pimpinan pemerintahan (Israel) akan memfasilitasi pengembangan lebih lanjut dari kerja sama bilateral yang konstruktif di semua bidang," ucap Putin dalam pesan yang dirilis Kremlin, Senin, 14 Juni 2021.
     
    "Tidak diragukan lagi kerja sama ini menjadi kepentingan vital bagi rakyat kedua negara. Kerja sama Israel-Rusia akan membantu memperkuat perdamaian, keamanan, dan stabilitas di Timur Tengah," imbuhnya dilansir dari AFP.

    Bagaimana hubungan Israel dan Rusia? Simak di tautan ini.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id