comscore

Indonesia Lepas 2 Pesawat Berisi Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Willy Haryono - 09 Januari 2022 08:35 WIB
Indonesia Lepas 2 Pesawat Berisi Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan
Menlu Retno Marsudi (kanan) melepas dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan untuk Afghanistan dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu, 9 Januari 2022. (Kemenlu RI)
Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melepas dua pesawat berisi bantuan kemanusiaan ke Afghanistan dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu dini hari, 9 Januari 2022, sekitar pukul 02.00 WIB. Bantuan ini merupakan tambahan dari bantuan kemanusiaan serta kerja sama pembangunan yang telah dijanjikan dan dikomitmenkan Indonesia kepada Afghanistan sebelumnya.

Bantuan kemanusiaan yang diangkut kedua pesawat berisi makanan dan nutrisi. Masing-masing pesawat dikawal diplomat, jajaran tenaga medis dan tim pengamanan.

 



Di dalam mempersiapkan bantuan kemanusiaan ini, Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Badan-badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di lapangan, khususnya World Food Program (WFP). Bantuan kemanusiaan ini juga akan disalurkan bekerja sama dengan WFP dan akan disupervisi misi Indonesia di Kabul.

"Bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan ini diberikan sebagai respons terhadap situasi kemanusiaan yang semakin memburuk di Afghanistan," ucap Menlu Retno.

Saat ini sekitar 23 juta penduduk Afghanistan terancam kelaparan. Angka tersebut sudah melebihi separuh dari total penduduk Afghanistan. Tidak hanya itu, lebih dari 3 juta anak-anak di Afghanistan juga terancam mengalami malnutrisi.

WFP sebelumnya mengatakan bahwa Afghanistan telah menjadi salah satu lokasi berlangsungnya "krisis kemanusiaan terbesar di dunia."

"Tanpa dukungan masyarakat internasional, situasi kemanusiaan di Afghanistan akan semakin berat dan diperkirakan akan dapat berdampak pada stabilitas Afghanistan secara keseluruhan," tutur Menlu Retno.

"Indonesia terus berupaya memperkuat dan berkontribusi dalam diplomasi kemanusiaan. Buat Indonesia, keamanan dan kesejahteraan rakyat akan selalu menjadi prioritas," sambungnya.

Selain bantuan kemanusiaan jangka pendek, Indonesia juga tengah mempersiapkan bantuan jangka panjang, antara lain pendidikan dan pemberian kapasitas, terutama untuk perempuan Afghanistan. Di dalam pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Islamabad, Indonesia kembali menegaskan pentingnya penghormatan hak-hak serta pemberdayaan perempuan di Afghanistan.

Baca:  Komitmen Pada Kemanusiaan, OKI Serukan Bantuan Internasional untuk Afghanistan

"Dalam waktu dekat, pembahasan lebih dalam mengenai kerja sama Pendidikan dan pemberdayaan perempuan di Afghanistan akan saya bahas dengan Qatar dan wakil dari Afghanistan. Indonesia ingin melihat rakyat Afghanistan, termasuk kaum perempuan Afghanistan dapat hidup damai, stabil dan sejahtera," ungkap Menlu Retno

Terkait bantuan ke Afghanistan, Menlu Retno mengapresiasi Garuda Indonesia dan seluruh pihak yang terlibat sehingga pengiriman ini dapat terwujud.

"Semoga bantuan dan misi kemanusiaan Indonesia untuk rakyat Afghanistan dapat berjalan dengan lancar dan tim kembali pulang dengan selamat. Semoga Allah melindungi niat baik kita," pungkasnya.

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id