comscore

Pemuda Indonesia Minta Para Pemimpin G20 Berbuat Lebih untuk Perubahan Iklim

Willy Haryono - 02 April 2022 11:11 WIB
Pemuda Indonesia Minta Para Pemimpin G20 Berbuat Lebih untuk Perubahan Iklim
Sebanyak 222 pemuda Indonesia mengikuti kompetisi video daring seputar perubahan iklim. (FPCI / Kedubes Inggris di Jakarta)


Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan bahwa proyek ini menegaskan kepercayaan Inggris kepada anak muda. Indonesia adalah negara muda – dengan 50 persen penduduknya berusia di bawah 30 tahun.
"Kami telah melihat lagi dari kumpulan video ini – orang muda memiliki pemikiran yang fleksibel; fokus pads hasil terbaik; berorientasi pada solusi; percaya bahwa perubahan transformasional itu mungkin; dan bahwa kaum muda percaya pada kerja sama internasional. Bahwa kita BISA dan HARUS, mengubah dunia," sebut Dubes Jenkins.

"Dan suara kaum muda sangat penting – dalam segala hal, tetapi terutama tentang perubahan iklim. Karena Anda adalah generasi yang akan paling terpengaruh, Anda adalah generasi yang paling dipertaruhkan. Jadi suara Anda memiliki otoritas moral yang kuat. Jika Anda dapat membuat orang-orang yang berkuasa – kebanyakan berusia 40-an, 50-an dan 60-an – mendengarnya. Itulah yang dimaksudkan untuk dilakukan oleh Kompetisi ini – untuk memberi Anda platform itu. Jadi, Anda dapat mengungkapkan harapan Anda atas apa yang dapat dicapai oleh Indonesia dan G20 tentang perubahan iklim - tahun ini," sambungnya.

Dr. Amanda Katili Niode, Direktur Proyek Realitas Iklim turut mengomentari aksi seruan pemuda ii dengan merujuk pada Pasal 12 Perjanjian Paris, yang disebut ‘Aksi untuk Pemberdayaan Iklim.'

"Pasal tersebut mengatakan bahwa untuk memberdayakan seluruh anggota masyarakat untuk terlibat dalam aksi iklim, kita menjalaninya melalui pendidikan, pelatihan, meningkatkan kesadaran publik, partisipasi publik dalam pengambilan keputusan, akses publik terhadap informasi, dan kerja sama internasional. Kami memiliki semua yang ada di acara ini, dalam kompetisi video DearG20Leaders, tapi tolong jangan abaikan perasaan terhadap isu iklim," ujarnya.

"Kami telah mendengar tentang kecemasan iklim, tentang bagaimana anak-anak kecil stres karena situasi iklim dan bencana. Kita harus memberi ruang untuk kecemasan iklim," pungkas Amanda.

(WIL)



Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id