Dekrit Darurat untuk Akhiri Protes di Thailand Dicabut

    Marcheilla Ariesta - 22 Oktober 2020 19:24 WIB
    Dekrit Darurat untuk Akhiri Protes di Thailand Dicabut
    Demo di Thailand. Foto: AFP.
    Bangkok: Thailand membatalkan dekrit darurat yang bertujuan mengakhiri protes berbulan-bulan terhadap pemerintah dan monarki. Pembatalan disampaikan melalui Royal Gazette.

    Pembatalan dekrit ini berarti mencakup berakhirnya larangan pertemuan politik oleh lima orang atau lebih dan menerbitkan berita yang dapat mempengaruhi keamanan.

    "Situasi saat ini mengarah pada pengumuman telah meredanya aksi kekerasan, dengan situasi ini, pejabat pemerintah dan lembaga negara dapat menegakkan hukum reguler," kata pernyataan itu, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Sementara itu, pengunjuk rasa telah memberi Perdana Menteri Prayut Chan-o-Cha waktu untuk mundur dalam tiga hari mendatang. Menurut mereka, mencabut dekrit darurat tidak cukup.

    "Dia masih berusaha untuk tetap berkuasa sambil mengabaikan semua tuntutan rakyat. Keputusan darurat seharusnya tidak dikeluarkan dari awal," ujar salah satu pemimpin demo, Sirawith 'Ja New' Seritiwat.

    Puluhan pengunjuk rasa, termasuk para pemimpin protes, ditangkap selama dekrit darurat berlangsung. Di antara mereka adalah Patsaravalee 'Pikiran' Tanakitvibulpon yang dibebaskan pada hari ini setelah ditangkap sehari sebelumnya.

    Patsaravalee, 25, mengatakan pengadilan menganggap tuduhan terhadap pemerintah tidak serius. Ia menuturkan dirinya masih perlu menghadiri kelas dan ujian, sehingga kebebasan diberikan tanpa menyerahkan jaminan apapun.

    Protes telah menjadi tantangan terbesar bagi pembentukan Thailand selama bertahun-tahun dan telah menarik oposisi paling terbuka terhadap monarki dalam beberapa dekade. Meskipun undang-undang lese majeste menetapkan hukuman penjara hingga 15 tahun karena menghina keluarga kerajaan.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id