RI-Tiongkok Sepakat Kerja Sama untuk Bangun Ketahanan Kesehatan

    Marcheilla Ariesta - 13 Januari 2021 17:47 WIB
    RI-Tiongkok Sepakat Kerja Sama untuk Bangun Ketahanan Kesehatan
    Pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu Tiongkok Wang Yi di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021. Foto: Screengrab Kemenlu RI
    Jakarta: Indonesia dan Tiongkok sepakat untuk membangun ketahanan kesehatan. Hal ini menjadi salah satu isu yang dibahas dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu Tiongkok Wang Yi di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.

    Pembahasan mengenai pembangunan ketahanan kesehatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan Tiongkok pada pertengahan Februari lalu di Laos.

    "Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, terdapat beberapa kemajuan kerja sama, antara lain kontribusi Tiongkok dalam mendukung inisiatif Public Health Cooperation Initiative: Program on Public Health Emergency Preparedness Capacity (PROMPT)," tutur Retno.

    "Serta kontribusi Tiongkok untuk ASEAN Covid-19 Response Fund," ucap Retno dalam pernyataan pers bersama di Gedung Pancasila Kemenlu RI.

    Retno menuturkan, sejak awal pandemi, Indonesia-Tiongkok telah melakukan berbagai kerja sama, baik di bidang penyediaan alat diagnostik, teurapatik, dan vaksin.

    "Ke depan, rencana Indonesia untuk membangun ketahanan kesehatan nasional, antara lain, melalui kemandirian industri obat, bahan baku obat, dan alat kesehatan," ujar Menlu Retno.

    Dalam kesempatan yang sama, Wang Yi juga menuturkan berbagai kerja sama di bidang kesehatan sudah dilakukan Indonesia-Tiongkok sejak awal pandemi berlangsung.

    "Hubungan kami (Indonesia-Tiongkok) sangat kuat. Setelah pandemi, kami tetap saling mendukung satu sama lain," ucapnya.

    Kunjungan Wang Yi ke Indonesia merupakan salah satu rangkaian dari lawatannya ke beberapa negara ASEAN. Sebelum ke Indonesia, Wang Yi melakukan kunjungan ke Vietnam.

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id