India Repatriasi 25 Ribu Warga yang Terdampar akibat Covid-19

    Willy Haryono - 23 Mei 2020 20:01 WIB
    India Repatriasi 25 Ribu Warga yang Terdampar akibat Covid-19
    India telah merepatriasi lebih dari 25 ribu warga yang terdampar akibat covid-19 di sejumlah negara. (Foto: Embassy of India)
    Jakarta: Mission Vande Bharat, inisiatif Pemerintah India untuk merepatriasi warga negara India yang terdampar di luar negeri karena pandemi virus korona (covid-19), telah dimulai awal bulan ini. Sebanyak lebih dari 25 ribu warga negara India yang terdampar telah dibawa kembali ke India dalam 134 penerbangan di seluruh dunia hingga 22 Mei, dan banyak lagi penerbangan sedang direncanakan.

    Selain itu, sebagai bagian dari misi ini, Angkatan Laut India juga meluncurkan 'Operasi Samudra Setu' untuk mengirimkan kapal-kapal angkatan lautnya di Wilayah Samudera Hindia (IOR) untuk membawa kembali warga India yang terdampar. Sejauh ini, INS Jalashwa - kelas Landing Platform Dock (LPD) dan kelas INS Magar - Landing Ship Tank-Large (LST-L) telah mengangkut 1488 warga India dari Male, Maladewa, ke Kochi, India.

    Di bawah Misi Vande Bharat yang sedang berlangsung, maskapai nasional Air India telah melakukan penerbangan pada 19-22 Mei dari Jakarta ke berbagai kota di India. Sekitar 900 warga negara India, termasuk sejumlah turis India yang terdampar di Bali, beberapa ibu hamil dan pasien perawatan kritis dan seorang siswa Nepal, memanfaatkan penerbangan ini dari Jakarta untuk kembali ke India.

    Dua penerbangan bertolak menuju ibu kota New Delhi, sedangkan satu lainnya ke ibu kota keuangan Mumbai dan ke Ahmedabad, lembah silikon India, Bengaluru. Warga yang kembali akan melakukan perjalanan ke kampung halaman masing-masing setelah karantina wajib sesuai dengan protokol covid-19.

    India Repatriasi 25 Ribu Warga yang Terdampar akibat Covid-19
    Proses repatriasi warga India dari Indonesia. (Foto: Embassy of India)

    Dalam persiapan untuk keberhasilan organisasi evakuasi, upaya operasi dilakukan untuk menjangkau warga India yang terdampar di beberapa pulau di Indonesia. Berbagai upaya juga dilakukan untuk menjangkau beberapa warga India yang terdampar di Timor Leste, yang satu-satunya cara adalah datang ke Jakarta terlebih dahulu setelah melakukan perjalanan panjang.

    Upaya-upaya khusus juga dilakukan untuk berhubungan dengan Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Indonesia di New Delhi dan Konsulat Jenderal Indonesia di Mumbai untuk memfasilitasi kepulangan beberapa warga negara Indonesia yang terlantar dan pemegang KITAS Indonesia dari India. Dengan menggunakan penerbangan khusus ini, sekitar 200 warga negara Indonesia dan pemegang KITAS Indonesia juga telah kembali ke Indonesia dari berbagai daerah di India.

    Ini termasuk keluarga perwira TNI yang telah pergi ke India untuk pelatihan di bawah kerja sama pelatihan bilateral. Air India telah menawarkan fasilitas ini kepada warga negara dari beberapa negara tertentu di mana penerbangan ini dijadwalkan.

    Misi Vande Bharat, latihan raksasa dan belum pernah terjadi sebelumnya, sedang dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri India dengan para pemangku kepentingan penting lainnya, termasuk Kementerian Penerbangan Sipil, Penerbangan Nasional India - Air India, Kementerian Dalam Negeri dan berbagai Pemerintah Negara untuk memfasilitasi dua perjalanan jauh untuk warga negara India dan negara lain yang terlantar dari dan ke India, selama situasi pandemi covid-19 yang berdampak buruk pada penerbangan internasional ke India selama beberapa bulan terakhir.

    India Repatriasi 25 Ribu Warga yang Terdampar akibat Covid-19
     Proses repatriasi warga India dari Indonesia. (Foto: Embassy of India)

    Operasi evakuasi berhasil dilakukan karena koordinasi yang sangat baik oleh Kemenlu RI dengan berbagai pemangku kepentingan Indonesia termasuk pemerintah provinsi dan kota, organisasi masyarakat sipil, Kementerian Transportasi dan lembaga lain seperti Angkasa Pura I dan II. Otoritas provinsi di NTT dan Pemerintah Timor Leste melakukan upaya khusus untuk memungkinkan imigrasi warga India yang terlantar dari Dili ke Kupang.

    Selama Misi Vande Bharat, ratusan pejabat Pemerintah, organisasi masyarakat sipil dan individu yang tak terhitung jumlahnya telah berkolaborasi berdasarkan kemanusiaan dan memberikan kontribusi tanpa pamrih tanpanya operasi tidak akan berhasil.

    Ini adalah kolaborasi internasional yang sangat dekat yang memberi setiap orang harapan bahwa kita pada akhirnya akan menemukan cara untuk mengatasi tantangan pandemi virus korona.

    Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id