Pemda dan Rumah Sakit Swasta Malaysia Diperbolehkan Beli Vaksin Covid-19

    Fajar Nugraha - 04 Juni 2021 06:21 WIB
    Pemda dan Rumah Sakit Swasta Malaysia Diperbolehkan Beli Vaksin Covid-19
    Menteri Sains, Teknologi dan Inovasi Malaysia Khairy Jamaluddin yang juga merangkap Menteri Koordinator Vaksin. Foto: AFP



    Georgetown: Pemerintah negara bagian dan rumah sakit swasta di seluruh Malaysia dapat membeli vaksin covid-19 yang mereka butuhkan sendiri. Ini termasuk vaksin yang tidak digunakan dalam Program Imunisasi COVID-19 Nasional (NIP) seperti Moderna dan Sinopharm.

    Berbicara pada konferensi pers setelah mengunjungi pusat vaksinasi di Penang pada Kamis 3 Juni, Menteri Koordinator Vaksin Khairy Jamaluddin mengatakan, negara bagian dan rumah sakit swasta di Malaysia dapat memperoleh vaksin mereka sendiri selama vaksin ini telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

     



    “Jika pemerintah negara bagian ingin membeli vaksin mereka sendiri dan membawa vaksin lain ini, mereka dapat melanjutkan. Kami bahkan dapat memfasilitasi diskusi dengan perusahaan farmasi," kata Khairy, seperti dikutip Channel News Asia, Jumat 4 Juni 2021.

    “Pemerintah negara bagian atau rumah sakit swasta hanya perlu mendaftarkan pembelian ini ke Badan Regulasi Farmasi Nasional (NPRA) Kementerian Kesehatan,” tambahnya.

    Namun, jika pihak-pihak tersebut ingin membeli vaksin yang digunakan dalam NIP seperti vaksin Sinovac dan Pfizer-BioNTech, maka mereka harus menunggu pemasok memenuhi pesanan pemerintah federal terlebih dahulu.

    “Para pemasok harus memenuhi pesanan kami terlebih dahulu dan setelah itu terpenuhi, maka mereka dapat memasok ke negara bagian,” imbuh Khairy.

    "Kami terbuka untuk ini. Jangan katakan ada pemblokiran atau monopoli (oleh pemerintah federal)," tambahnya.

    Vaksin yang saat ini digunakan di NIP Malaysia adalah Pfizer-BioNTech, Sinovac dan AstraZeneca. Vaksin lain yang telah disetujui oleh WHO antara lain Moderna dan Sinopharm.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id