Diaspora Indonesia di Singapura Serahkan 1 Unit Ambulans ke PMI DKI Jakarta

    Marcheilla Ariesta - 15 Oktober 2021 17:44 WIB
    Diaspora Indonesia di Singapura Serahkan 1 Unit Ambulans ke PMI DKI Jakarta
    Penyerahan ambulans bantuan dari diaspora Indonesia di Singapura kepada PMI DKI Jakarta/KBRI Singapura



    Singapura: Diaspora Indonesia di Singapura menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta. Para diaspora ini tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Singapura (FKMIS).

    Bantuan ambulans tersebut diberikan secara simbolis oleh Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri, Mirza Hidayat atas nama KBRI Singapura dan FKMIS, kepada Ketua Pengurus PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi.

     



    Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo mengatakan, perwakilan RI di luar negeri dan diaspora mengumpulkan dana untuk mengirim bantuan ke Indonesia. Dompet peduli dari Singapura selama dua bulan berhasil mengumpulkan total 1,3 juta dolar Singapura (setara Rp13,5 miliar).

    Dari dana tersebut, dapat dibelikan 12 unit konsentrator oksigen dan 1 unit ambulans.

    "Saya harap ambulans ini dapat dimanfaatkan oleh PMI khususnya untuk masyarakat Jakarta yang membutuhkan penanganan cepat dan tepat dalam kondisi genting dan darurat," kata Dubes Tommy dalam pernyataan KBRI Singapura.

    Baca juga: Singapura Diminta Buka Akses Warganya Masuk ke Kepri

    Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengapresiasi kepedulian dan kontribusi KBRI Singapura dan diaspora Indonesia untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Ambulans tersebut rencananya akan digunakan sebagai mini ICU di lokasi sentra vaksinasi PMI DKI Jakarta.

    Rustam menekankan, semua yang dimiliki PMI saat ini merupakan milik masyarakat dan digunakan untuk melayani masyarakat.

    Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla (JK) dan Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Cecep Herawan. Jusuf Kalla menyampaikan, PMI bekerja dalam kondisi darurat dan bencana, karenanya kebutuhan akan peralatan kesehatan dan kendaraan sangat penting.

    "Ucapan terima kasih saya sampaikan kepada dubes dan masyarakat Indonesia di Singapura atas bantuannya. Terdapat 190 rumah sakit di Jakarta yang membutuhkan bantuan dari PMI Jakarta, termasuk ambulans, sehingga bantuan ambulans ini sangat tepat dan mendukung upaya kesigapan penanganan bencana dan kondisi darurat lainnya," pungkas JK.

    Baca juga: Perhiasan Buatan Anak Indonesia Menggebrak Singapura

    (FJR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id