RI akan Pulangkan Tiga WNI yang Sempat Diculik di Gabon

    Marcheilla Ariesta - 10 Juni 2020 14:33 WIB
    RI akan Pulangkan Tiga WNI yang Sempat Diculik di Gabon
    Ilustrasi kapal laut. (Foto: Medcom.id)
    Jakarta: Sebanyak tiga warga negara Indonesia (WNI) yang diculik di perairan Gabon pada 3 Mei 2020 lalu telah dibebaskan di perairan Nigeria. Ketiganya bekerja sebagai kru kapal ikan.

    "Mereka dibebaskan pada 8 Juni lalu, dan saat ini dalam kondisi sehat," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, Rabu 10 Juni 2020.

    Judha mengatakan proses pembebasan ketiganya dilakukan melalui kerja sama dengan pemilik kapal. Saat ini, imbuh Judha, pemerintah tengah berupaya memulangkan ketiga WNI tersebut ke Tanah Air.

    Dalam jumpa pers virtual Kemenlu RI, Judha menuturkan ketiga WNI itu dibebaskan bersama dua warga Senegal dan seorang warga Korea Selatan yang diculik pada tanggal yang sama.

    Para WNI itu diculik pada 3 Mei lalu. Ini merupakan penculikan kedua yang dilakukan bajak laut sejak 2020 di lepas pantai Gabon.

    Teluk Guinea, yang membentang sekitar 5.700 kilometer dari Senegal ke Angola, telah menjadi pusat gempa dunia baru untuk pembajakan, pencurian laut, dan penculikan untuk tebusan.

    Pada Desember lalu, perompak menyerang beberapa kapal di Libreville dan menculik empat pelaut Tiongkok. Kemudian, mereka membunuh kapten kapal yang merupakan warga Gabon.

    Serangkaian penculikan di Teluk Guinea kerap terjadi. Para perompak melakukan perampasan dan penculikan untuk mendapat uang tebusan.


    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id