Vietnam Nol Kasus Domestik Covid-19 Sejak 16 April

    Willy Haryono - 29 Juni 2020 11:03 WIB
    Vietnam Nol Kasus Domestik Covid-19 Sejak 16 April
    Pemandangan salah satu sudut kota Hanoi, Vietnam. (Foto: MANAN VATSYAYANA/AFP)
    Hanoi: Otoritas kesehatan Vietnam mencatat nol kasus domestik virus korona (covid-19) sejak 16 April. Sejak awal wabah, sebagian besar infeksi covid-19 di Vietnam merupakan kasus impor atau berasal dari luar negeri.

    Dalam konferensi pers Komite Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Vietnam pada Minggu malam, total infeksi virus di seantero negeri mencapai 355, dengan 215 di antaranya adalah kasus impor.

    Dikutip dari laman Bernama, Senin 29 Juni 2020, seluruh pasien kasus impor tersebut telah menjalani karantina. Pemerintah Vietnam meyakini saat ini tidak ada risiko penularan covid-19 di kalangan masyarakat sipil.

    Sebanyak 9.048 orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien covid-19 atau memasuki Vietnam saat wabah melanda, saat ini masih dikarantina. Proses karantina berlangsung di 107 rumah sakit, 8.051 fasilitas khusus, dan 890 di rumah masing-masing.

    Masih dari keterangan komite, 330 dari 355 pasien covid-19 di Vietnam telah dinyatakan sembuh. Sejauh ini tidak ada kematian akibat covid-19 di Vietnam.

    Lima dari pasien covid-19 tersisa di Vietnam telah dinyatakan negatif mengidap virus tersebut usai melewati tes lanjutan. Lima pasien lainnya juga telah dinyatakan negatif sebanyak dua hingga tiga kali.

    Vietnam dinilai sebagai satu dari sedikit negara yang dipandang sukses menekan penyebaran covid-19.

    Pemerintah Vietnam tidak melakukan tes covid-19 berskala masif seperti di Korea Selatan atau Jerman. Vietnam hanya melakukan respons dini dengan menghentikan semua penerbangan dari Tiongkok, dan juga menutup perbatasan darat dari negara tetangganya tersebut.
     
    Negara komunis dengan sistem satu partai itu telah memberlakukan karantina massal dan penguncian wilayah (lockdown) di semua distrik untuk menghentikan penyebaran covid-19.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id