Kapal Angkatan Laut Inggris HMS Richmond Akan Berkunjung ke Indonesia

    Willy Haryono - 06 Oktober 2021 20:18 WIB
    Kapal Angkatan Laut Inggris HMS Richmond Akan Berkunjung ke Indonesia
    Kapal HMS Richmond saat berada di Tanjung Priok, Jakarta, 22 Mei 2011. (ADEK BERRY / AFP)



    Jakarta: Kapal Angkatan Laut Inggris HMS Richmond akan mengunjungi Indonesia pada 8-10 Oktober 2021. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk menyatukan AL Inggris dan TNI AL dengan tetap menjaga pembatasan jarak sesuai protokol kesehatan Covid-19, baik di laut maupun daratan.

    Berdasarkan keterangan tertulis Kedubes Inggris yang diterima Medcom.id, Rabu, 6 Oktober 2021, rangkaian kegiatan kunjungan HMS Richmond meliputi tur kapal secara virtual, latihan bersama TNI AL, tari Poco-Poco dan Maumere, serta sesi memasak nasi goreng yang mencerminkan hubungan hangat antara kedua Angkatan Laut.

     



    Badan amal kru kapal selam Inggris yang berusia 35 tahun dan terafiliasi dengan AL Inggris juga akan menyerahkan donasi sebesar GBP53,000 (sekitar Rp1 miliar) kepada para anggota keluarga korban tragedi KRI Nanggala. Donasi ini dikumpulkan komunitas Kapal Selam Inggris melalui badan amal "We Remember Submarines." Selain itu juga akan ada tradisi lintas kapal di laut antara HMS Richmond dan Kapal TNI AL KRI Bung Tomo. 

    HMS Richmond telah berada di kawasan ini sebagai bagian dari Carrier Strike Group (CSG) Inggris, sebuah formasi yang terdiri dari 9 kapal, 32 pesawat (jet dan helikopter), and 3,700 personel yang dipimpin oleh Kapal Induk HMS Queen Elizabeth. Momentum ini menjadi penempatan operasional perdana HMS Queen Elizabeth sebagai salah satu dari dua kapal perang terbesar yang pernah dibuat untuk AL Inggris dan diberi nama untuk menghormati Yang Mulia Ratu Elizabeth.   

    CSG adalah formasi terbesar dari jenisnya yang telah meninggalkan Inggris selama lebih dari 25 tahun. Dengan desain yang dirancang untuk misi internasional dan dapat dipertukarkan, CSG sangat fleksibel karena bisa diterjunkan untuk mengatasi ancaman dari dalam dan luar negeri hingga bantuan kemanusiaan dan bencana, seperti kapal-kapal Inggris yang pernah dikirimkan untuk membantu bencana Tsunami 2004.

    Carrier Strike Group telah berinteraksi dengan lebih dari 40 negara selama penempatannya di Mediterania, Timur Tengah dan Indo Pasifik yang memperlihatkan visi "Global Britain" (Inggris yang mendunia). Inggris memanfaatkan penempatan CSG untuk menunjukkan solidaritas dengan para sekutu dan mitra-mitra global, memperkuat persahabatan, serta menjalin hubungan-hubungan yang baru.

    Inggris kokoh berdiri sendiri, namun akan lebih kuat jika bekerja sama dengan mitra-mitranya. Global Britain menunjukkan bahwa Inggris berada dalam posisi terbaik ketika visinya bersifat inklusif dan terbuka, serta menerapkan visi perdagangan bebas dan bekerjasama erat dengan semua negara termasuk Indonesia, termasuk untuk mengatasi tantangan-tantangan global seperti Covid-19 dan perubahan iklim.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id