Guterres: Kemitraan Komprehensif ASEAN-PBB Terus Menguat

    Willy Haryono - 15 November 2020 14:03 WIB
    Guterres: Kemitraan Komprehensif ASEAN-PBB Terus Menguat
    Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: AFP)
    Hanoi: Kemitraan komprehensif antara Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terus berkembang kuat dalam beberapa tahun terakhir. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-PBB yang digelar secara virtual pada Minggu, 15 November 2020.

    Dalam pidatonya, Guterres mengucapkan selamat kepada Vietnam atas perannya sebagai Ketua ASEAN 2020 dan juga anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2020-2021. Ia juga mengucapkan belasungkawa atas kematian yang diakibatkan banjir dan tanah longsor di Vietnam sepanjang tahun ini.

    "PBB selalu mendukung masyarakat dan pemerintah Vietnam," tutur Guterres, dilansir dari laman Bernama.

    Dalam KTT ASEAN-PBB kali ini, Guterres membahas berbagai isu global seperti pandemi virus korona (covid-19), darurat iklim, meningkatnya ketegangan geopolitik, proliferasi nuklir, kemiskinan, ketidaksetaraan, dan merebaknya konflik di berbagai penjuru dunia.

    Namun terlepas dari semua itu, Guterres menilai dunia sedang berada dalam jalur yang benar dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada 2030.

    "Saya mengandalkan kepemimpinan dan tekad Anda semua dalam mengambil tindakan-tindakan tegas demi melindungi dunia ini," ucap Guterres.

    Ia juga menyambut baik dukungan ASEAN terhadap rezim non-proliferasi nuklir dan menyerukan kembali gencatan senjata untuk konflik-konflik bersenjata di berbagai penjuru dunia.

    Mengenai pandemi covid-19, Guterres mengapresiasi langkah dan respons cepat ASEAN. Ia mengapresiasi komitmen ASEAN terhadap solidaritas kawasan dan kerja sama internasional.

    PBB juga menyambut baik kerangka pemulihan komprehensif ASEAN dan siap bekerja sama dengan blok tersebut untuk membangun ketahanan, meningkatkan kesiapan, dan melindungi lingkungan.

    Selain itu, Guterres menekankan kembali dilakukannya langkah-langkah tegas di kawasan untuk melawan dampak perubahan iklim. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada ASEAN atas kontribusi 5.000 personel dalam misi penjaga perdamaian PBB.

    Baca: Strategi yang Harus Diambil ASEAN untuk Bangun Ketahanan Kesehatan

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id