Najib Razak Cari Dukungan Parlemen untuk Anwar Ibrahim

    Marcheilla Ariesta - 27 Oktober 2020 13:42 WIB
    Najib Razak Cari Dukungan Parlemen untuk Anwar Ibrahim
    Mantan PM Malaysia Najib Razak. (AFP)
    Kuala Lumpur: Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, mencari dukungan dari jajaran anggota parlemen koalisi untuk mendukung Anwar Ibrahim dalam meraih posisi PM. Dukungan Najib untuk Anwar memicu pusaran lain dalam krisis politik di Negeri Jiran.

    Dukungan Najib dinilai dapat memperdalam kekacauan bagi PM Muhyiddin Yassin, yang saat ini tengah menghadapi seruan mundur. PM Muhyiddin didesak mundur usai raja Malaysia menolak permintaannya untuk menerapkan status darurat pandemi covid-19 di tengah tantangan kepemimpinan dari Anwar.

    Dilansir dari Channel News Asia, PM Muhyiddin hanya memiliki dua kursi mayoritas di parlemen Malaysia. Ini artinya, perubahan kecil di internal koalisi dapat membuat dirinya kehilangan mayoritas.

    "UMNO (partai Najib) harus mendorong tanggal pemilihan (perdana menteri) baru setelah pandemi covid-19 terkendali," saran Najib menanggapi dukungannya untuk Anwar, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Jika usulan Najib ditolak koalisi berkuasa, maka UMNO masih berpeluang untuk bekerja sama dengan partai Anwar Ibrahim di bawah syarat-syarat tertentu.

    Namun, UMNO sudah mengumumkan akan mempertahankan dukungannya untuk pemerintahan PM Muhyiddin. Presiden UMNO Ahmad Zahid Hamidi mengatakan, partainya tidak akan bekerja sama dengan Parti Keadilan Rakyat (PKR) dan Partai Aksi Demokratik (DAP).

    "Anggota parlemen UMNO akan terus mendukung pemerintah Perikatan Nasional (PN)," kata Zahid dalam keterangannya.

    "UMNO mendesak agar prinsip kerja sama ditingkatkan, yang harus berkisar pada penghormatan dan konsensus politik," tambahnya.

    Baca:  UMNO Tolak Dukung Anwar Ibrahim Bentuk Pemerintahan Baru Malaysia

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id