Protes Pembiaran Benny Wenda, Kemenlu Panggil Dubes Inggris

    Marcheilla Ariesta - 05 Desember 2020 11:14 WIB
    Protes Pembiaran Benny Wenda, Kemenlu Panggil Dubes Inggris
    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah. (Marcheilla Ariesta/Medcom.id)
    Jakarta: Kementerian Luar Negeri memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, terkait Ketua Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat atau The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), Benny Wenda. Protes disampaikan atas pembiaran Benny Wenda dalam menyebarkan hoaks di Inggris.

    "Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu, Duta Besar Ngurah Swajaya atas instruksi Menlu RI telah memanggil Dubes Inggris Owen Jenkins, pada 4 Desember 2020," tutur juru bicara Kemenlu, Teuku Faizasyah kepada Medcom.id, Sabtu, 5 Desember 2020.

    Pemanggilan dilakukan pada Jumat, 4 Desember kemarin. 

    "Kepada Dubes Jenkins disampaikan protes keras atas pembiaran bagi Benny Wenda untuk menyebarkan disinformasi, fitnah dan menghasut serta mendalangi berbagai aksi kriminal dan pembunuhan di Papua," imbuh Faizasyah.

    Kepada Kemenlu, Dubes Inggris menjanjikan akan menyampaikan protes Indonesia tersebut. Dubes Jenkins juga menegaskan posisi Pemerintah Inggris atas kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI.

    Beberapa waktu lalu, Benny Wenda yang berada di Inggris mendeklarasikan diri sebagai presiden sementara Papua Barat. Ia meminta untuk bertemu Presiden Joko Widodo karena menilai harus ada pembicaraan antarpresiden terkait keberlangsungan Papua Barat.

    Baca:  Mahfud: Benny Wenda Makar

    Benny menyatakan, pertemuan dilakukan sebagai bentuk pembicaraan antarnegara. Dia ingin semua pihak menyetujui proses untuk mengakhiri konflik yang selama ini terjadi di Tanah Cenderawasih. 

    Proses itu, menurut Benny, dengan melalui mekanisme mediasi internasional.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id