comscore

Eropa Dorong Asia Pasifik Berambisi Capai Target COP26

Marcheilla Ariesta - 20 November 2021 12:26 WIB
Eropa Dorong Asia Pasifik Berambisi Capai Target COP26
Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. Foto: FPCI
Jakarta: Netralitas iklim menjadi tujuan global bersama. Dalam KTT COP26 di Glasgow awal bulan ini, para pemimpin dunia menyepakati untuk menetapkan target pengurangan emisi sebesar 45 persen pada 2030.

Namun, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengatakan, dunia masih belum berada di jalur yang tepat untuk membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat Celcius.
"Banyak negara masih kurang berambisi untuk mencapai target tersebut. Selain itu, kesepakatan penghapusan secara bertahap Pembangkit Listrik Tenaga Batubara dipermudah," ucapnya dalam kegiatan Global Town Hall (GTH) 2021, Sabtu, 20 November 2021.

Ia menambahkan, negara-negara industri gagal memberikan sumber daya yang cukup untuk membantu negara berkembang dalam masa transisi. Menurutnya, Eropa telah memenuhi janji mereka, namun wilayah lainnya tidak.

Von der Leyen mengatakan, kawasan mereka mengumumkan kontribusi baru untuk pendanaan hijau di ASEAN. Fasilitas ini, kata dia merupakan dana investasi yang mereka dukung untuk beberapa tahun.

"Fasilitas ini telah membiayai beberapa proyek penting di seluruh wilayah, seperti taman surya besar di Kamboja yang menghasilkan energi surya termurah di Asia Tenggara," tuturnya.

Ia mengatakan, Eropa ingin menjadi mitra kawasan Asia Pasifik untuk menuju ekonomi sirkular dan netral karbon. "Semua demi kepentingan kita bersama," lanjutnya.

GTH 2021 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI). Founder FPCI, Dino Patti Djalal mengatakan sekitar 9.500 orang dari 110 negara berpartisipasi secara virtual.

Tahun ini, GTH 2021 mengangkat tema 'Managing Competition, Conflict, and Cooperation in a Pandemic World'. Diharapkan, hasil dari Global Town Hall dapat menjadi acuan pemerintah dunia untuk membuat kebijakan.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id