comscore

Rusia Tekankan Komitmen Lestarikan Arsitektur Keamanan Modern Asia Pasifik

Marcheilla Ariesta - 14 Desember 2021 09:26 WIB
Rusia Tekankan Komitmen Lestarikan Arsitektur Keamanan Modern Asia Pasifik
Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolay Patrushev. (Alexei Druzhinin / Sputnik / AFP)
Jakarta: Selain menerima Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken pada Senin kemarin, Presiden Joko Widodo juga melakukan pertemuan dengan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolay Patrushev. Keduanya membahas berbagai isu kerja sama kedua negara.

"Nikolay Patrushev dan Presiden Joko Widodo membahas isu-isu kerja sama Rusia-Indonesia serta di forum internasional seperti G20 dan ASEAN," demikian dikutip dari keterangan Kedutaan Besar Rusia di Jakarta, Selasa, 14 Desember 2021.
Dalam pertemuan tersebut, Patrushev menekankan komitmen Rusia untuk melestarikan arsitektur keamanan modern di kawasan Asia Pasifik.

"Ia juga menyampaikan terima kasih atas pendekatan konstruktif Jakarta dalam memenuhi fungsi koordinator dialog Rusia-ASEAN," lanjut mereka.

Patrushev disebut sebagai orang ketiga tertinggi di Rusia, setelah presiden dan perdana menteri. Patrushev bertanggung jawab atas isu-isu keamanan.

Sementara itu, Presiden Jokowi menyambut baik rencana penandatanganan nota kesepahaman antara Indonesia dan Rusia di bidang keamanan informasi internasional. Melalui kerja sama tersebut, kedua negara akan melaksanakan pertukaran informasi demi mendukung penyusunan kebijakan keamanan siber yang lebih baik di dalam negeri.

"Penandatanganan MoU itu rencananya akan dilakukan pada Selasa (14 Desember 2021) oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mahfud Md dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolay P Patrushev," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan di Kantor Presiden, Jakarta.

Retno menyebut sebelum penandatanganan, Patrushev terlebih dulu bertemu Kepala Negara di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini. Jokowi menyampaikan sejumlah agenda prioritas yang akan diusung Indonesia selama menjabat Presidensi G20.

"Presiden juga meminta dukungan Rusia agar keketuaan G20 Indonesia berjalan dengan lancar," tutur Menlu Retno.

Baca:  Jokowi Sambut Baik Kerja Sama dengan Rusia di Bidang Keamanan Informasi

(WIL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id