comscore

Satu-satunya Negara ASEAN di G20, Indonesia Jadi Bagian Solusi Dunia

Marcheilla Ariesta - 17 Juni 2022 07:13 WIB
Satu-satunya Negara ASEAN di G20, Indonesia Jadi Bagian Solusi Dunia
Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani. Foto: Kemenlu RI
Jakarta: Indonesia merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masuk dalam 20 besar ekonomi dunia (G20). Karenanya, Indonesia kini menjadi bagian dari solusi global.

Co-Sherpa G20 Indonesia, Dian Triansyah Djani mengungkapkannya dalam live Instagram 'Mengenal Presidensi G20 serta Langkah Diplomasi Indonesia sebagai Tuan Rumah'.
"G20 berdiri karena krisis keuangan pada 1998. Saat ada krisis, ada negara yang duduk bersama untuk meresponsnya. Dan kita bagian dari pemain, kita bagian dari solusinya," ucap Trian, Kamis, 16 Juni 2022.

Sebagai negara non-blok, Indonesia memiliki track record bagus. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki demografi yang besar, yang menjadikannya sebagai salah satu ekonomi besar bagi dunia.

Selain itu, kata Trian, Indonesia tidak hanya berjuang bagi negara sendiri. Tapi, Indonesia juga menempatkan kepentingan negara-negara berkembang dalam kepemimpinan di G20.

Juru bicara G20 dari kalangan anak muda, Maudy Ayunda yang juga menjadi salah satu pembicara kegiatan ini mengatakan, G20 relevan dengan kehidupan saat ini.

"Tema yang diangkat sangat relevan, sudah sangat mempengaruhi dan membutuhkan peran kita ke depannya," ucap Maudy.

Ia mengatakan, anak muda Indonesia harus bangga dengan keketuaan Indonesia di G20. Menurutnya, anak muda harus menjadi bagian dari perubahan dunia.

Indonesia memegang kepemimpinan G20 sejak Desember 2021 hingga November 2022. Dalam rentang setahun, terdapat 438 agenda pertemuan yang dirancang.

Mengambil tema besar 'Recover Together, Recover Stronger', Indonesia memiliki pilar khusus dalam menghadapi tantangan dunia di tengah pandemi dan pemulihan ekonomi pasca pandemi. Tiga pilar itu antara lain, penguatan arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi.

(FJR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id