11 Tewas usai Konsumsi Miras Beracun di Prosesi Pemakaman Kamboja

    Willy Haryono - 04 Juli 2021 19:05 WIB
    11 Tewas usai Konsumsi Miras Beracun di Prosesi Pemakaman Kamboja
    Ilustrasi miras oplosan. (Antara/Adeng Bustomi)



    Phnom Penh: Sebelas warga sebuah desa di Kamboja meninggal dunia usai meminum minuman keras lokal di sebuah prosesi pemakaman. Ini merupakan kesekian kalinya aktivitas mengonsumsi miras di Kamboja berujung kematian.

    Dalam dua bulan terakhir, lebih dari 30 orang tewas dalam tiga insiden berbeda yang melibatkan miras di Kamboja. Sebagian besar kasus melibatkan jenis minuman anggur beras yang mengandung metanol.

     



    Metanol adalah cairan beracun yang dapat memicu kebutaan jika masuk ke dalam tubuh.

    Sejak Jumat kemarin, 11 orang yang menghadiri sebuah pemakaman di provinsi Kampot -- sekitar 155 kilometer dari ibu kota Phnom Penh -- meninggal dunia akibat mengonsumsi miras beracun. Sementara 10 orang lainnya berhasil selamat dan hingga kini masih dirawat di rumah sakit.

    "Para korban mengalami gejala pusing usai meminum miras," kata seorang polisi lokal kepada kantor berita AFP pada Minggu, 4 Juli 2021. Petugas telah mengumpulkan sampel miras untuk diperiksa kandungannya di laboratorium.

    Anggur beras merupakan minuman populer di wilayah pedesaan Kamboja. Biasanya minuman seperti ini disajikan dalam pesta pernikahan, festival desa, dan pemakaman.

    Sejauh ini otoritas Kamboja belum memberlakukan aturan tegas terhadap pembuatan dan aktivitas mengonsumsi miras lokal. Alhasil, kematian akibat praktik semacam itu terjadi dari waktu ke waktu di Kamboja.

    Bulan lalu, setidaknya 15 produsen anggur beras dan penjualnya ditangkap di Kamboja. Kementerian Kesehatan Kamboja menyerukan semua warga untuk menghindari minuman semacam itu.

    Baca:  22 Orang di India Tewas usai Meminum Miras Beracun

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id