Myanmar akan Terima 200 Konsentrator Oksigen dari Singapura

    Marcheilla Ariesta - 28 Juli 2021 22:35 WIB
    Myanmar akan Terima 200 Konsentrator Oksigen dari Singapura
    Warga Myanmar antre mengisi tabung oksigen untuk pasien covid-19.Foto: AFP.



    Singapura: Singapura akan mengirimkan 200 konsentrator oksigen ke Myanmar untuk mendukung penanganan Covid-19 di negara tersebut. Bantuan ini dikirimkan setelah pemimpin junta Myanmar meminta bantuan internasional.

    Konsentrator oksigen 10 liter akan disalurkan melalui Palang Merah Singapura yang bekerja sama dengan Masyarakat Palang Merah Myanmar. Nantinya, bantuan tersebut akan didistribusikan ke masyarakat yang terkena dampak.

     



    Myanmar melaporkan hampir 280 ribu kasus Covid-19 hingga saat ini. Selama sebulan terakhir, negara itu mencatat lebih dari 120 ribu kasus dengan 7.800 kematian.

    Kemenlu Singapura mengatakan bantuan ini melengkapi penyediaan reaksi berantai polimerase yang sebelumnya telah dikirimkan Negeri Singa Putih.

    "Singapura berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Myanmar dalam perjuangan mereka melawan covid-19," kata Kemenlu Singapura dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 28 Juli 2021.

    Baca juga: Junta Myanmar Cari Kerja Sama Internasional untuk Hadapi Covid-19

    "Kontribusi ini, serta donasi yang dilakukan entitas swasta dan komunitas Myanmar di Singapura, membuktikan dukungan timbal balik yang kuat antara Singapura dengan Myanmar dalam mengarasi tantangan covid-19," imbuh mereka.

    Sebelumnya, pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, berusaha menjalin kerja sama dengan komunitas internasional untuk mengatasi pandemi Covid-19 di negaranya. Saat ini, kasus Covid-19 di Myanmar tengah melonjak tajam di tengah kolapsnya sistem kesehatan pascakudeta.

    Min Aung Hlaing menyerukan agar komunitas internasional lebih banyak bekerja sama dalam pencegahan, pengendalian dan pengobatan Covid-19 di Myanmar.
     
    "Termasuk di antara sesama anggota ASEAN dan negara-negara sahabat," kata Min Aung Hlaing. Ia menambahkan, Myanmar juga berencana mencari bantuan dana Covid-19 dari ASEAN.

    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id