100 Ventilator Pertama dari AS Diserahkan ke Indonesia

    Marcheilla Ariesta - 28 Juli 2020 15:17 WIB
    100 Ventilator Pertama dari AS Diserahkan ke Indonesia
    Penyerangan simbolis 100 ventilator dari AS ke Indonesia yang disaksikan Menlu Retno Marsudi di Jakarta, Selasa 28 Juli 2020. (Foto: Marcheilla Ariesta)
    Jakarta: Sebanyak 100 ventilator dari Amerika Serikat telah diserahkan ke Pemerintah Indonesia. Penyerahan dilakukan secara simbolik oleh Charge d'Affaires Kedutaan Besar Amerika Serikat, Heather Variava, yang disaksikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

    "Kami telah menjanjikan bantuan ventilator ke negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID). Kami bangga memenuhi janji ini," kata Variava dalam konferensi pers virtual, Selasa, 28 Juli 2020.

    Penyerahan 100 ventilator ini merupakan tahap pertama dari rangkaian program bantuan AS ke Indonesia.

    "Diproduksi oleh Vyaire Medical, 100 ventilator yang kami kirimkan hari ini akan memberikan Indonesia fleksibilitas yang lebih besar dalam merawat pasien-pasien covid-19," imbuhnya.

    Variava menuturkan, AS selalu memastikan ketersediaan pasokan medis penting di dalam negeri, namun tetap memimpin dalam perjuangan global melawan covid-19. Ia menambahkan, negaranya merupakan penyumbang terbesar bagi isu kesehatan dunia dalam dua dekade terakhir.

    "Sejak mewabahnya covid-19, kami telah berkomitmen terhadap anggaran senilai lebih dari USD1,5 miliar dalam bentuk bantuan kesehatan darurat, kemanusiaan, ekonomi, dan pembangunan di seluruh dunia," terangnya.

    "Ini termasuk sekitar USD11 juta (setara Rp187 miliar) untuk mendukung Indonesia melalui sumbangan ventilator ini," ungkapnya.

    Ia berharap dukungan dari AS dapat menyelamatkan nyawa masyarakat Indonesia dari covid-19. AS berharap laboratorium dan pengawasan penyakit di Indonesia bisa ditingkatkan, sehingga kapasitas respons terhadap covid-19 pun otomatis meningkat.

    "Donasi ventilator ini mencerminkan komitmen jangka panjang kami untuk bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa dan bekerja menuju pembukaan kembali perekonomian Indonesia yang aman," seru Variava.

    Dalam kesempatan yang sama, Menlu Retno mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada AS atas bantuan ventilator. Retno mengatakan, kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari pembicaraan kedua pemimpin negara melalui telepon pada April lalu.

    "Akan ada 1.000 ventilator dari Amerika Serikat dikirimkan ke Indonesia secara terpisah hingga Agustus mendatang," tutur Retno.

    "Karena itu, atas nama rakyat dan pemerintah Republik Indonesia, saya ingin menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah Amerika Serikat," pungkasnya.



    (WIL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id