Banjir di Nepal Tewaskan 23 Orang, 35 Dinyatakan Hilang

    Willy Haryono - 11 Juli 2020 16:32 WIB
    Banjir di Nepal Tewaskan 23 Orang, 35 Dinyatakan Hilang
    Warga berada di lokasi tanah longsor di desa Jambu, distrik Sindhupalchok, Nepal. (Foto: AFP)
    Sindhupalchok: Musibah banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Nepal bagian barat menewaskan sedikitnya 23 orang per hari ini, Sabtu 11 Juli 2020. Dilansir dari Anadolu Agency, musibah yang dipicu hujan deras itu juga membuat 35 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

    Janardam Gautam, juru bicara Otoritas Manajemen Mitigasi Risiko Bencana Nepal, mengatakan bahwa dua orang dinyatakan hilang di tengah cuaca buruk di Sindhupalchok dan Jajarkot. Keduanya hilang usai hanyut diterjang luapan air sungai.

    Kamis kemarin, Badan Meteorologi Nepal memperingatkan risiko hujan deras di wilayah barat sepanjang akhir pekan ini. Hujan deras dikhawatirkan akan membuat puluhan sungai dan anak sungai meluap, yang debit airnya dapat menggenangi pedesaan atau bahkan area perkotaan.

    Hujan deras juga memicu tanah longsor di 9 dari total 77 distrik di Nepal. Upaya penyelamatan ke lokasi terdampak bencana terhambat karena sejumlah ruas jalan terhalang material lumpur dan bebatuan.

    Dalam sebuah pernyataan di televisi pada Jumat malam, Perdana Menteri Nepal KP Sharma Oli mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan pasukan keamanan untuk membantu warga terdampak banjir dan tanah longsor.

    Ratusan orang meninggal akibat bencana alam di Nepal pada setiap tahun, terutama ketika memasuki musim hujan.

    Tahun lalu, menurut data otoritas manajemen bencana Nepal, lebih dari 100 orang tewas dalam musibah banjir dan tanah longsor di seantero negeri.

    (WIL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id